Proses pembelajaran ekstrakurikuler melukis dan karakteristik karya lukis anak tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang / Maulidia Muthi'a Salamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran ekstrakurikuler melukis dan karakteristik karya lukis anak tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang / Maulidia Muthi'a Salamah

Salamah, Maulidia Muthi'a (2018) Proses pembelajaran ekstrakurikuler melukis dan karakteristik karya lukis anak tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang / Maulidia Muthi'a Salamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Salamah Maulidia Muthi a. 2018. Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Melukis dan Karakteristik Karya Lukis Anak Tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd. (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pembelajaran anak tunarungu melukis Anak Berkebutuhan khusus memiliki bakat yang dibawa sejak lahir seperti layaknya anak normal. Dengan kekurangan yang dimiliki bakat tersebut mampu menjadi kelebihan. Setiap jenis anak berkebutuhan khusus tentunya memiliki kelebihan tersendiri di bidang tertentu. Pada kegiatan ekstrakurikuler melukis di SDLB Negeri Kedungkandang Malang didominasi oleh anak tunarungu. Oleh karena itu karya lukis pada anak tunarungu tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Dengan latarbelakang masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran serta karakteristik karya lukis pada anak tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif . Data yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini didapat melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada proses pembelajaran menggunakan tahap reduksi data penyajian data dan evaluasi. Sedangkan pada karakteristik karya lukis anak tunarungu menggunakan analisis kritik formalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler melukis di SDLB Negeri Kedungkandang Malang berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat melalui ketercapaian tujuan pembelajaran serta lancarnya jalannya pembelajaran mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Hasil karya anak tunarungu memiliki karakteristik dalam hal tema komposisi keseimbangan keselarasan garis bentuk warna dan emphasis. Selain itu dari segi periodisasi karya menurut Lowenfeld periodisasi karya lukis anak tunarungu sesuai dengan periodisasi karya lukis anak normal. Anak tunarungu juga memiliki tipologi gambar bertipe visual dan memiliki gaya berupa gaya organik liris impresionisme dan ritmis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item