Motif damar kurung khas Gresik Jawa Timur sebagai inspirasi dalam berkarya seni grafis cetak tinggi / Anang Tsani Hidayatulloh

Hidayatulloh, Anang Tsani (2018) Motif damar kurung khas Gresik Jawa Timur sebagai inspirasi dalam berkarya seni grafis cetak tinggi / Anang Tsani Hidayatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RANGKUMAN Hidayatulloh Anang Tsani. 2018. Motif Damar Kurung Khas Gresik Jawa Timur Sebagai Inspirasi Dalam Berkarya Seni Grafis Cetak Tinggi. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd Kata Kunci Damar Kurung Penciptaan Karya Seni Grafis Seni sangat erat hubungaanya dengan manusia dan berhubungan erat dengan kegiatan keseharian terdapat berbagai macam seni yang ada disekitar kita. Gresik merupakan salah satu tempat yang memilki seni hias yang khas. Seni hias tersebut bernama Damar Kurung damar kurung diketahui keberadaannya sejak lama pada masa itu kepopulerannya sangat baik dan juga didukung dengan munculnya banyak pembaharuan. Akan tetapi seni hias damar kurung sekarang sudah tidak lagi terdengar namanya karena kurangnya kepedulian masyarakat Gresik terhadap seni hias damar kurung tersebut. Berdasarkan dari permasalahan tersebut maka muncul keinginan untuk menciptakan karya seni damar kurung dengan bentuk yang lain yang terinspirasi dari motif asli damar kurung. Metode penciptaan yang digunakan adalah dengan menggubah bentuk menjadi seni grafis akan tetapi tidak meninggalkan kaidah kaidah yang dimiliki oleh seni hias tersebut sendiri ada tiga tahapan dalam membuat karya seni tahap pra produksi produksi dan pasca produksi. Ketiga tahap tersebut memiliki kesatuan yang tidak boleh terlewatkan. Penciptaan ini menghasilkan 7 karya seni grafis yang berjudul Hari Yang Fitri Kebutuhan Bersama Tujuan Masa Depan Pencari Kehidupan Memasyarakat-kan Sampah Problem Minyak dan Bukan semestinya. Objek dan warna menjadi symbol utama untuk menyampaikan pesan dalam karya tersebut.berdasarkan dari hasil penciptaan tersebut sebagai sarana media ekspresi dalam pembuatan karya dan juga sebagai media pembelajaran bagi para pembaca dan juga dapat dijadikan refrensi dalam penulisan skripsi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item