Memperkenalkan kembali cerita rakyat Calon Arang melalui karya lukis dekoratif / Berliani Nirmala Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Memperkenalkan kembali cerita rakyat Calon Arang melalui karya lukis dekoratif / Berliani Nirmala Putri

Putri, Berliani Nirmala (2018) Memperkenalkan kembali cerita rakyat Calon Arang melalui karya lukis dekoratif / Berliani Nirmala Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Putri Berliani Nirmala. 2018. Memperkenalkan Kembali Cerita Rakyat Calon Arang Melalui Karya Lukis Dekoratif. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. (II) Fenny Rochbeind S.Pd. M.Sn. Kata kunci Cerita Rakyat Calon Arang Ide Dekoratif. Calon Arang merupakan cerita rakyat yang berasal dari Kediri Jawa Timur yang mengisahkan tentang Calon Arang. Cerita rakyat Calon Arang berisi nilai-nilai luhur bagi kehidupan masyarakat khususnya di Jawa. Masalahnya banyak masyarakat Jawa Timur yang belum mengenal cerita rakyat Calon Arang. Cerita rakyat Calon Arang menjadi sumber inspirasi penciptaan pada enam karya lukisan agar mendapatkan apresiasi positif . Ide penciptaan karya lukis ini terispirasi dari cerita rakyat Calon Arang yang didasari konsep pelestarian budaya Jawa Timur. Sedangkan tema penciptaan adalah Calon Arang. Karakteristik lukisan nampak pada warna teknik alat dan bahan serta visualisasi objek. Gagasan tersebut diwujudkan dalam karya lukis dekoratif. Jenis penciptaan karya lukis ini menggunakan model proses kreatif L.H. Chapman meliputi tahap permulaan tahap penyempurnaan dan tahap visualisasi ke dalam medium. Pada tahap permulaan pencipta mencari gagasan kemudian mengkaji sumber gagasan sumber bacaan dan sumber visual hingga memantapkan gagasan. Kemudian pencipta menentukan konsep tema dan objek. Pada tahap penyempurnaan pencipta menentukan teknik serta alat dan bahan. Kemudian pencipta membuat sketsa. Pada tahap visualisasi pencipta mewujudkan keenam karya lukis serta melaksanakan sebuah pameran agar diapresiasi. Tujuan penciptaan ini adalah untuk memvisualisasikan gagasan dimulai dari memaparkan proses penciptaan karya lukis yang terinspirasi dari cerita rakyat Calon Arang dan kemudian mendeskripsikan hasil karya lukis yang terinspirasi dari cerita rakyat Calon Arang. Berdasarkan hasil penciptaan ini pencipta mendapatkan pengalaman berolah seni khususnya penciptaan karya lukis dekoratif dan menambah wawasan penulisan karya ilmiah. Melalui karya penciptaan lukis ini diharapkan dapat menjadi media apresiasi dan menambah wawasan bagi dunia pendidikan baik bagi pendidik maupun peserta didik tentang lukisan dekoratif dan untuk melestarikan budaya daerah khususnya Cerita Calon Arang yang diimplementasikan ke karya lukis sebagai medium ekspresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item