Kehidupan pengemis di Kota malang sebagai sumber inspirasi seni lukis representatif / Ferdi Firmansyah Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Kehidupan pengemis di Kota malang sebagai sumber inspirasi seni lukis representatif / Ferdi Firmansyah Saputra

Saputra, Ferdi Firmansyah (2018) Kehidupan pengemis di Kota malang sebagai sumber inspirasi seni lukis representatif / Ferdi Firmansyah Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Saputra Ferdi Firmansyah. 2018. Kehidupan Pengemis Di Kota Malang Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Representatif. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni dan Desain Fakultas Sastra Uneversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. (II) Fenny Rochbeind S.Pd. M.Sn. Kata kunci pengemis Kota Malang seni lukis representatif Pengemis adalah orang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharap belas kasihan orang lain. di kota Malang keberadaan pengemis jumlahnya tidak sedikit dan terlihat di tempat-tempat umum. Masalahnya keberadaan pengemis cukup memprihatinkan sehingga menginspirasi pencipta mewujudkannya kekarya lukis representatif didasari konsep masyarakat miskin di Kota Malang 8223 . Proses dalam penciptaan karya seni lukis ini diawali dengan perancangan konsep yang bermuatan ide konsep tema dan gaya. Fokus penelitian penciptaan seni ini adalah pengemis di Kota Malang. Proses visualisasi karya menggunakan metode L.H. Chapman. Langkah awal membuat sketsa lalu memindahkan ke kanvas kemudian pewarnaan menggunakan teknik sapuan kuas basah plakat dan gradasi warna diakhiri dengan proses finishing. Pencipta menyajikan 6 karya seni lukis representatif dengan media estetik berupa garis bentuk warna dan bidang yang diwujudkan sesuai tema keberadaan pengemis yang menjadi masalah sosial di Kota Malang 8223 . Karakteristik karya meliputi teknik sapuan kuas basah plakat dan gradasi warna sedangkan bahan yang digunakan adalah cat minyak. Tujuan dari penciptaan ini adalah memaparkan proses penciptaan karya seni lukis representatif yang terinspirasi pada kehidupan atau keberadaan pengemis yang menjadi masalah sosial di Kota Malang serta mendeskripsikan hasil visualisasi proses melukis objek pengemis sesuai inspirasi yaitu kehidupan pengemis di Kota Malang. Hasil penciptaan keenam karya lukis memberi pengalaman baru melalui proses kreatif dalam mewujudkan karya seni yang terinspirasi dari kehidupan pengemis di Kota Malang. Melalui karya penciptaan ini diharapkan mendapat apresiasi positif dari masyarakat terkait pesan moral yang disampaikan lewat lukisan dengan objek pengemis. Pesan moral lewat visualisasi lukisan diharapkan pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan agar tidak ada lagi pengemis di negara ini khusunya di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item View Item