Proses pembelajaran seni budaya bidang seni rupa di SMP Negeri 3 Situbondo / Aulia Resty Junaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran seni budaya bidang seni rupa di SMP Negeri 3 Situbondo / Aulia Resty Junaidi

Junaidi, Aulia Resty (2018) Proses pembelajaran seni budaya bidang seni rupa di SMP Negeri 3 Situbondo / Aulia Resty Junaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Junaidi Aulia Resty. 2018. Proses Pembelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Di SMP Negeri 3 Situbondo. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Seni Budaya Seni Rupa. Pembelajaran Seni Budaya yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Situbondo diajar oleh guru yang tidak berlatarbelakang dari kependidikan seni yaitu bapak Jumawi. Hal tersebut dikarenakan kurangnya tenaga guru yang berlatarbelakang dari kependidikan seni. Penunjukan bapak Jumawi untuk mengajar Seni Budaya karena kemampuan keterampilan serta minatnya pada seni yang baik. Selama jadi pengajar Seni Budaya bapak Jumawi pernah menghantarkan peserta didiknya memenangkan perlombaan melukis tingkat provinsi. Karena hal inilah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai proses pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 3 Situbondo yang meliputi perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya yang diajarkan oleh bapak Jumawi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Seni Budaya bidang seni rupa di SMP Negeri 3 Situbondo yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya bidang seni rupa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Seni Budaya yaitu bapak Jumawi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran Seni Budaya bidang seni rupa di SMP Negeri 3 Situbondo yang diajarkan oleh bapak Jumawi mengenai materi penerapan ragam hias pada bahan alam berjalan kurang maksimal. Perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun belum sesuai dengan K13 revisi 2016 yang masih menyertakan kompetensi sikap spiritual dan sosial. Sedangkan pada proses pelaksanaan pembelajarannya dilakukan tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang tertera pada RPP serta pada penyampaian materi ragam hias juga kurang mendalam. Saran peneliti bagi guru diharapkan dapat lebih memperhatikan dalam menyusun kegiatan pembelajaran dalam Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lebih memberikan materi ajar yang relevan dan penguasaan materi ajar yang lebih baik lebih mencoba penggunaan metode pembelajaran yang berbeda dan lebih mencoba penggunaan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item