Gajah Sumatera sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis representasional / Muhammad Aditya Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Gajah Sumatera sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis representasional / Muhammad Aditya Prabowo

Prabowo, Muhammad Aditya (2018) Gajah Sumatera sebagai sumber inspirasi penciptaan seni lukis representasional / Muhammad Aditya Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aditya Prabowo Muhammad. 2018. Gajah Sumatera Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Representasional. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. (II) Fenny Rochbeind S.Pd. M.Sn. Kata Kunci Gajah Sumatera Penciptaan Seni Lukis Representasional Gajah merupakan mamalia terbesar di dunia. Indonesia memiliki 2 subspesies gajah di Asia yaitu gajah Sumatra yang termasuk dalam daftar hewan langka yang dilindungi di Indonesia. Namun jumlah populasi gajah Sumatra terus mengalami penurunan dan tidak menutup kemungkinan mengalami kepunahan. Berdasarkan pengetahuan tentang gajah Sumatera ini yang hampir punah menginspirasikan pencipta sebagai objek penciptaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian penciptaan seni yang memaparkan penciptaan seni lukis representasional. Proses dalam penciptaan karya seni lukis ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide tema dan objek yang diciptakan yaitu objek menyerupai gajah Sumatera. Setelah itu menentukan karakteristik karya teknik alat dan bahan yang digunakan langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa di atas kertas lalu memindahkannya ke kanvas. Kemudian proses pewarnaan menggunakan teknik sapuan kuas basah dan teknik blok diakhiri dengan proses finishing karya. Pencipta menampilkan 6 karya seni lukis dengan media estetik berupa garis bentuk dan warna sebagai simbolisasi dari konsep. Karakteristik dari keenam lukisan ini adalah gajah Sumatera sebagai objek utama gradasi warna dan blok warna pada latar belakang pengubahan warna gajah tetapi masih dapat dikenali bentuk aslinya dan sapuan kuas basah pada objek. Berdasarkan hasil penciptaan ini pencipta mendapat pengalaman baru melalui berolah seni khususnya penciptaan karya lukis representasional dan menambah wawasan penulisan karya ilmiah untuk mendeskripsikan visualisasi bentuk gajah Sumatera sebagai bentuk ekspresi murni pencipta. Melalui karya penciptaan ini diharapkan dapat mendapat apresiasi yang positif tentang karya seni lukis dan dapat menyadarkan pengamat tentang konsep yang disampaikan pencipta melalui karya lukis yang dibuat. Bagi pendidikan karya seni lukis ini dapat memberi pengalaman apresiasi kepada peserta didik tentang lukisan representatif dan memperkenalkan objek gajah Sumatera yang populasinya perlu dijaga kelestariannya serta dapat menjadikan tambahan wawasan estetika bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item