Analisis visualisasi motif batik buket ceprik pacit ungker di batik Gajah Mada Tulungagung / Muhammad Yusuf Nur Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visualisasi motif batik buket ceprik pacit ungker di batik Gajah Mada Tulungagung / Muhammad Yusuf Nur Cahyono

Cahyono, Muhammad Yusuf Nur (2018) Analisis visualisasi motif batik buket ceprik pacit ungker di batik Gajah Mada Tulungagung / Muhammad Yusuf Nur Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyono Muhammad Yusuf Nur. 2017. Analisis Visualisasi Motif Batik Buket Ceprik Pacit Ungker Di Batik Gajah Mada Tulungagung. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd (II) Ike Ratnawati Spd M.Pd. Kata Kunci Motif Batik Buket Ceprik Pacit Ungker Gajah Mada Tulungagung Batik diciptakan hampir diseluruh daerah dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah batik Buket Ceprik Pacit Ungker yang menjadi motif kebanggan Kabupaten Tulungagung Karena batik Buket Ceprik Pacit Ungker adalah pengembangan dari motif batik Sekar Jagat Rante yang menceritakan Nuansa Tulungagung pada zaman dahulu. Maka dari itu dilakukan penelitian ini agar dapat dikenal hingga seluruh penjuru nusantara. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dipaparkan merupakan hasil dari observasi wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di batik Gajah Mada terkait motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia peneliti sendiri. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui proses reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan perpanjangan masa pengamatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil sebagai berikut (1) Motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker merupakan pengembangan dari motif batik Sekar Jagat Rante yang merupakan motif tradisional atau motif keturunan leluhur. (2) Desain motif batik Buket Ceprik Pacit Ungker menggunakan teknik stilasi dan banyak menggunakan bentuk non-geometris. (3) Batik Buket Ceprik Pacit Ungker dalam kajian teori estetik keserasian warna sudah bagus tetapi keseimbangan masih kurang. Dari Hasil Penelitian yang telah dilakukan ada beberapa saran yang peneliti ajukan diantaranya adalah peran generasi muda dan pemerintah terhadap perkembangan batik Buket Ceprik Pacit Ungker sehingga batik ini bisa berkembang dan banyak dikenal. Dan adanya penelitian lebih lanjut tentang batikbatik khas Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item