Studi tentang penggunaan canting listrik pada proses pembuatan batik blimbing di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Latifa Noviarum Kusuma W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penggunaan canting listrik pada proses pembuatan batik blimbing di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Latifa Noviarum Kusuma W.

Kusuma W. Latifa Noviarum (2017) Studi tentang penggunaan canting listrik pada proses pembuatan batik blimbing di Kecamatan Blimbing Kota Malang / Latifa Noviarum Kusuma W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Latifa. 2016. Studi Tentang Penggunaan Canting Listrik pada Proses Pembuatan Batik Blimbing di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi JurusanTeknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Nurul Aini M.Pd. (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M.Si. Kata Kunci Batik Blimbing Canting Listrik Batik Blimbing merupakan home industri yang memproduksi batik tulis di Jl. Candi Jago No. 6 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Batik ini berbeda dengan batik yang ada di Malang perbedaan terletak pada motif sistem kerja dan teknik produksi. Motif yang diangkat adalah Topeng Malangan dan potongan buah Blimbing perbedaan juga terletak pada sistem kerja dan teknik produksi batik Blimbing yang lebih cepat dan efisien karena penggunaan canting listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang batik Blimbing di Kecamatan Blimbing Kota Malang yang menggunakan canting listrik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalam pemilik dan pengrajin home industri batik Blimbing Kasi Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang serta foto-foto yang menunjang penelitian. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dimana instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Validasi atau keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan dan triangulasi data yang kemudian diolah dengan cara mereduksi dan menyajikan data serta membuat kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dengan beberapa narasumber dapat disimpulkan bahwa (1) Teknik pembuatan batik Blimbing berbeda dengan teknik pembuatan batik tulis pada umumnya yaitu tidak menggunakan proses ngloyor ngemplong mola ngerok mbironi dan nyoga (2) Teknik pembuatan batik Blimbing menggunakan canting listrik dimana canting listrik lebih cepat dalam proses pengerjaanya karena tidak menggunakan proses mola dan goresan canting yang dihasilkan lebih rapi karena canting listrik memiliki penutup otomatis yang bersifat seperti rafido/tip-x (3) Ukuran tabung penampung malam pada canting listrik kurang besar sehingga pengrajin harus sering mengisi malam dan membutuhkan waktu untuk menunggu malam benar-benar panas. Saran dalam penelitian ini diajukan kepadahome industri batik Blimbing untuk sebaiknya menambah jumlah canting listrik pada tiap pengrajin sehingga pada saat malam sudah habis pengrajin tidak perlu mengisi malam karena sudah terdapat canting cadangan yang sudah diisi dengan malam Bagi pembaca diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya tentang proses pembuatan batik tulis terutama proses yang menggunakan canting listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129635

Actions (login required)

View Item View Item