Nailufar, Yuyun (2019) Studi deskriptif tingkat keterampilan belajar dan berinovasi siswa SMK program keahlian tata boga se-kota Malang / Yuyun Nailufar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nailufar Yuyun. 2019. Studi Deskriptif Tingkat Keterampilan Belajar dan Berinovasi Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Teti Setiawati M. Pd. (II) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P. Kata Kunci Siswa SMK Keterampilan Belajar dan Berinovasi Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang hadir di era pengetahuan terhadap siswa melalui kinerja kognitif. Keterampilan abad 21 hadir di tengah pembelajaran yang mengintegrasikan antara keterampilan pengetahuan sikap serta penguasaan terhadap TIK. Salah satu fokus pembelajaran abad 21 adalah keterampilan belajar dan berinovasi. Keterampilan belajar dan berinovasi ini perlu diterapkan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Tata Boga se-Kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan belajar dan berinovasi pada siswa SMK yang terdiri dari 1) keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah 2) keterampilan berkomunikasi 3) kreativitas dan inovasi 4) kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Program Keahlian Tata Boga se-Kota Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Malang SMK Negeri 7 Malang dan SMK Kartika IV-I Malang. Data diperoleh melalui teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara umum yang diperoleh siswa cukup baik (3 0). Keterampilan berkomunikasi sudah terlaksana dengan baik (3 3). Keterampilan kreativitas dan inovasi yang diperoleh siswa baik (3 5). Keterampilan kolaborasi yang diperoleh siswa baik (3 7). Keterampilan belajar dan berinovasi secara keseluruhan belum mencapai kriteria sangat baik karena guru belum optimal menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan belajar dan berinovasi siswa sehingga guru diharapkan mampu membuat model pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan agar keterampilan belajar dan berinovasi siswa SMK Tata Boga secara keseluruhan dapat mencapai kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/129624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |