Pengembangan media pembelajaran animasi untuk siswa SMP kelas VIII mata pelajaran prakara / Fatwa Givary - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi untuk siswa SMP kelas VIII mata pelajaran prakara / Fatwa Givary

Givary, Fatwa (2017) Pengembangan media pembelajaran animasi untuk siswa SMP kelas VIII mata pelajaran prakara / Fatwa Givary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Givary Fatwa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Mata Pelajaran Prakarya.Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom MT. Kata kunci Media pembelajaran Animasi Prakarya. Proses pendidikan sebisa mungkin diselenggarakan secara menyenangkan dan memotivasi siswa. Untuk itu maka inovasi dalam media pembelajaran diperlukan agar meningkatkan proses pembelajaran. Namun dari hasil observasi media pembelajaran Prakarya di kelas VIII SMP 3 Ma arif terlihat bahwa peserta didik bosan dengan pembelajaran Prakarya.Hal ini wajar karena mata pelajaran Prakarya tergolong baru di kurikulum 2013 sehingga masih minim dalam pengembangan medianya.Selama ini media yang digunakan hanyalah buku yang diterbitkan oleh pemerintah. Media yang dikembangkanadalahanimasi karena melibatkan dua sensor indra dalam menangkap informasisehinggamudahdipahami. Selain itu media animasi dipilih karena animasi merupakan tontonan yang banyak digemari oleh kalangan pelajar. Tujuan penelitianiniadalah mengembangkan media pembelajaran animasi. Bab yang dikajiadalah Kerajinan kompetensi dasar pengetahuan bahan dan proses limbah anorganik dan prinsip pengolahan limbah anorganik kelas VIII SMP. Media nantinyaberbentukvideo berformat MP4. Metode pengembangan ini menggunakan model proseduralyang bersifat diskriptif dimana setiap langkah harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk.Alur model pengembangan dimulai dengan mencari potensi dan masalahdenganmelakukanobservasi dan melalui analisis penelitian sebelumnya.Mengambildata berupa materi pembelajaran yang dirujuk dari buku siswaKurikulum 2013 membuat desain awal konsultasi revisi hingga uji coba yang dilakukan di SMP 3 Ma arif.Bagianakhirprodukpengembangandapatditerapkan di sekolah. Analisis data mengenai aspek efektifitas media menunjukkan kualifikasi layak artinya media ini memang benar-benar dirancang dengan baik (learning resources by design). Aspek penyampaian materi untuk media masuk kualifikasi sangat layak. Berarti media dapat menjalankan fungsinya sebagai sebagai wadah dari pesan yang ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut. Aspek efektifitas materi dinilai baik dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Sehinggamedia dapat untuk merangsang pikiran perasaan dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.Pengembangan lainnya selain media animasi ini untuk pembelajaran media ini juga bisa dikembangkan untuk ditayangkan secara umum seperti film animasi di televisi. ABSTRACT Givary Fatwa. 2017. An animation learning media development for 2nd grade of junior high school studens on vocational subject.Thesis Department of Art and Design Faculty of Letters Universitas Negeri Malang. Advisers (I) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom MT. Keywords Instructional media Animation Vocational subject. Educationalprocess as much as possible is organized in a fun and motivating student. Therefore innovation in learning media is needed to improve the learning process. However from the results of observation media learning In the class VIII SMP 3 Ma arif seen that learners bored with learning workshops. This is reasonable because the newly established Prakarya subjects in the curriculum of 2013 so it is still minimal in the development of media. So far the media used are only books published by the government. The developed medium is animated because it involves two sensory sensors in capturing information so that it is easy to understand. In addition the animation media is chosen because the animation is a much-loved show by the students. The purpose of this research is to develop animated learning media. The chapters studied are Handicraft basic competence knowledge of inorganic waste materials and processes and the principle of inorganic waste treatment of class VIII SMP. Media will be in the form of MP4 format video. This development method uses a descriptive procedural model in which each step must be followed to produce a product. The development model flow begins with the search for potential and problems by making observations and through analysis of previous research. Retrieving data in the form of instructional material referred from the student book Curriculum 2013 making initial design consultation revision until the trials conducted in SMP 3 Ma arif. The final part of product development can be applied in schools. Data analysis on the effectiveness of media shows decent qualification meaning that this media is really well designed (learning resources by design). The material delivery aspect for qualifying media entry is very feasible. Means the media can perform its function as a container of messages that want to be forwarded to the target or recipient of the message. The material effectiveness aspect is considered good in its use as a learning medium. So that the media can to stimulate the thoughts feelings and willingness of students so as to encourage the learning process students. Other developments in addition to this animation media for learning this medium can also be developed to broadcast in general such as animated films on television.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item