Potensi usaha catering di kota Malang dalam upaya pelestarian kuliner tradisional / Alyandari Sekar Kinanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi usaha catering di kota Malang dalam upaya pelestarian kuliner tradisional / Alyandari Sekar Kinanti

Kinanti, Alyandari Sekar (2020) Potensi usaha catering di kota Malang dalam upaya pelestarian kuliner tradisional / Alyandari Sekar Kinanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kinanti Alyandari Sekar. Potensi Usaha Catering di Kota Malang Dalam Upaya Pelestarian Kuliner Tradisional. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana M.P. (II) Laili Hidayati S.Pd. M.Si. Kata Kunci catering kuliner tradisional Kota Malang Usaha catering merupakan salah satu usaha jasa boga yang sedang berkembang dan diminati oleh masyarakat. Usaha tersebut dinilai dapat menjadi salah satu penilaian untuk mengembangkan kuliner tradisional di Kota Malang jika usaha catering memiliki hidangan tradisional yang cukup beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman kuliner Malang pada usaha catering di Kota Malang potensi bahan baku lokal yang digunakan untuk pengolahan serta kompetensi para juru masak pada usaha catering di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini terdapat tiga lokasi penelitian yaitu Susan Catering D6 Catering dan Widuri Catering. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat berbagai macam hidangan pada ketiga usaha catering yaitu hidangan makanan pokok hidangan lauk pauk hidangan sayuran hidangan sambal hidangan sepinggan hidangan minuman dan hidangan jajanan tradisional. Bahan baku yang digunakan untuk pengolahan hidangan sebagian besar didapatkan dari pasar tradisional di Kota Malang yang bahan-bahannya merupakan hasil potensi daerah serta kompetensi juru masak dapat dilihat berdasarkan latar belakang pendidikan juru masak pelatihan yang pernah diikuti dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh juru masak. Hidangan tradisional yang terdapat pada ketiga usaha catering memiliki keanekaragaman yang memadai untuk mendukung pelestarian kuliner tradisional. Bahan baku yang digunakan juga berpotensi untuk pelestarian kuliner tradisional karena menggunakan bahan baku dari daerah setempat. Juru masak pada usaha ketiga usaha catering dinilai belum memiliki kompetensi yang memadai. Hal ini dikarenakan banyaknya juru masak yang tidak memiliki pendidikan formal yang linier dengan pekerjaan dan sedikitnya juru masak yang mengikuti pelatihan pada bidang kuliner. Berdasarkan uraian di atas diharapkan adanya penelitian lanjutan tentang indikator-indikator yang digunakan untuk menilai potensi pelestarian kuliner tradisional yang tidak terbatas pada usaha catering. Selain itu perlu diadakan pelatihan tambahan guna meningkatkan keterampilan dan kreativitas juru masak pada usaha catering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129619

Actions (login required)

View Item View Item