Pengaruh variasi produk dan promosi online melalui media sosial instagram produk adaptasi jajangmyeon terhadap keputusan pembelian jamjamyeon / Hafidaturrohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi produk dan promosi online melalui media sosial instagram produk adaptasi jajangmyeon terhadap keputusan pembelian jamjamyeon / Hafidaturrohmah

Hafidaturrohmah (2020) Pengaruh variasi produk dan promosi online melalui media sosial instagram produk adaptasi jajangmyeon terhadap keputusan pembelian jamjamyeon / Hafidaturrohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hafidaturrohmah. 2019. Pengaruh Variasi Produk Dan Promosi Online melalui Media Sosial Instagram Produk Adaptasi Jajangmyeon Terhadap Keputusan Pembelian Jamjamyeon. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Issutrati M.P. (II) Laili Hidayati S.Pd. M.Si. Kata Kunci Variasi Produk Promosi Online Keputusan Pembelian Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia berkembang sangat pesat. Bisnis kuliner Indonesia kini tidak hanya didominasi oleh produk kuliner khas lokal saja namun juga kuliner yang datangnya dari luar negeri kini menjadi tren. Keduanya bersaing secara kompetitif dalam bidang usaha kuliner Indonesia sehingga mengharuskan wirausahawan berpikir kreatif serta inovatif demi kelangsungan bisnis mereka kedepannya. Salah satu solusi yang saat ini gencar dilakukan oleh pelaku usaha kuliner adalah mengadaptasi atau mengadopsi tren kuliner luar negeri kemudian memodifikasinya disesuaikan dengan kecenderungan kesukaan konsumen lokal. Jamjamyeon adalah salah satu produk yang menerapkan solusi tersebut. Jamjamyeon merupakan produk inovasi hasil adaptasi atau adopsi dari produk kuliner kenamaan Korea Selatan Jajangmyeon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan promosi online melalui media sosial Instagram secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk Jamjamyeon sebagai produk adaptasi Jajangmyeon khas Korea. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang menganalisis variabel bebas dan variabel terikat. Sampel pada penelitian ini merupakan konsumen pengikut aktif akun Instagram Jamjamyeon yang pernah melakukan pembelian Jamjamyeon melalui akun Instagram jamjamyeon_ yaitu sebanyak 218 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas uji reliabilitas uji regresi linier berganda signifikansi uji t dan uji f dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program IBM SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa faktor variasi produk 39 7% dan promosi online 50 3% berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis variasi produkdan promosi online secara simultan berpengaruh 51 5% terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang diberikan kepada produsen produk jamjamyeon adalah untuk terus menjaga kualitas produk dan meningkatkan inovasi produk dengan cara mengembangkan variasi baru pada produk. Selain itu diharapkan produsen dapat mengganti jenis kemasan dan memperbaiki label. Produsen diiharapkan juga dapat meningkatkan intensitas promosi melalui media sosial Instagram agar dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan keputusn pembelian konsumen pada produk Jamjamyeon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129618

Actions (login required)

View Item View Item