Pramisti, Yeni Indah (2020) Analisis pembelajaran pembuatan makanan Indonesia pada Program Keahlian Kuliner di SMK Negeri Kota Malang / Yeni Indah Pramisti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Pramisti Yeni Indah. 2020. Analisis Pembelajaran Pembuatan Makanan Indonesia pada Program Keahlian Kuliner di SMK Negeri Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P. (II) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes. Kata Kunci pembelajaran pembuatan makanan Indonesia KKNI Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian Tata Boga diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada jenjang pendidikan sesuai dengan kompetensi dalam dunia kerja pada bagian Food and Beverages (F B) di hotel atau restoran. Salah satu kompetensi yang dibutuhkan pada dunia kerja saat ini adalah Pembuatan Makanan Indonesia. Kompetensi yang dibutuhkan pada dunia kerja telah terstandarisasi berupa skema sertifikasi KKNI level II pada Kompetensi Keahlian Tata Boga. Berdasarkan penelaahan awal mata pelajaran produktif yang mendukung agar kompetensi pembuatan makanan Indonesia tercapai diantaranya mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Boga Dasar serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada mata pelajaran yang mendukung kompetensi pembuatan makanan Indonesia pada Program Keahlian Kuliner di SMK Negeri Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Boga Dasar serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia yang terdiri dari perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP serta proses pembelajaran pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Boga Dasar serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia di SMK Negeri 3 Malang dan SMK Negeri 7 Malang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman analisis dan pedoman observasi. Data primer berupa dokumen hasil analisis perangkat pembelajaran silabus dan RPP oleh anggota ICA BPC Malang Raya dan pedoman observasi yang diperoleh dari observer ketika mengamati proses pembelajaran. Data sekunder berupa hasil wawancara pada guru mata pelajaran produktif dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan cara studi dokumenter dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) Menghitung hasil analisis perangkat pembelajaran dan hasil observasi pembelajaran 2) Merekap nilai 3) Menghitung nilai rata-rata dan 4) Menghitung presentase. Hasil analisis perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa silabus Pengetahuan Bahan Makanan menunjukkan kriteria cukup sesuai dengan perolehan rerata sebesar 50 83% silabus Boga Dasar menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 91 66% serta silabus Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia menunjukkan kriteria sesuai dengan perolehan rerata sebesar 77 77%. RPP Pengetahuan Bahan Makanan dengan KD 3.6 Menganalisis jenis lemak dan minyak menunjukkan kriteria cukup sesuai dengan perolehan rerata sebesar 55 19% RPP Boga Dasar dengan KD 3.5 Menganalisis bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 95 57% serta RPP Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia dengan KD 3.13 Menganalisis salad Indonesia menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 90 09%. Hasil keterlaksanaan proses pembelajaran Pengetahuan Bahan Makanan menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 86 42% Boga Dasar menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 89 85% serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia menunjukkan kriteria sangat sesuai dengan perolehan rerata sebesar 81 28%. Kesimpulan penelitian adalah perangkat pembelajaran berupa silabus pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia belum mencapai kriteria sangat sesuai dan RPP pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan belum mencapai kriteria sangat sesuai karena ada beberapa materi pembelajaran berdasarkan KD yang tercantum dalam silabus dan RPP kurang mendukung skema sertifikasi KKNI level II dalam kompetensi Pembuatan Makanan Indonesia dan penyusunan silabus kurang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Proses pembelajaran pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Boga Dasar serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia terlaksana dengan baik dan materi pembelajaran tersampaikan dengan tepat kepada peserta didik. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Boga Dasar serta Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia di SMK Negeri Kota Malang mendukung skema sertifikasi KKNI level II pada kompetensi Pembuatan Makanan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/129614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |