Pengaruh komposisi buah nanas dan tepung terhadap kualitas nugget nanas / Muhammad Shohibul Faroja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komposisi buah nanas dan tepung terhadap kualitas nugget nanas / Muhammad Shohibul Faroja

Faroja, Muhammad Shohibul (2020) Pengaruh komposisi buah nanas dan tepung terhadap kualitas nugget nanas / Muhammad Shohibul Faroja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faroja Muhammad Shohibul. 2019. Pengaruh Komposisi Buah Nanas dan Tepung terhadap Kualitas Nugget Nanas. Skirpsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr.Dra. Rina Rifqie Mariana M.P. (II) Ir. Issutarti M.P. Kata Kunci nugget buah nanas tepung terigu. Pembuatan nugget yang berbahan dasar nanas diharapkan dapat memberikan informasi mengenai inovasi produk olahan baru dari buah nanas. Pembuatan nugget nanas menggunakan produksi nanas yang melimpah di suatu tempat. Tujuan penelitian ini untuk meneliti tentang sifat kimia (kandungan Vitamin C kadar air serat pangan) dan sifat organoleptik (mutu hedonik dan sifat hedonik rasa aroma dan tekstur). Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan dengan satu perlakuan yaitu rasio nanas dan tepung terigu dengan tiga tingkatan (85% 15% 80% 20% 75% 15%). Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dan jika terdapat perbedaan dilanjutkan dengan DMRT. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan pada kandungan Vitamin C kadar air dan serat pangan nugget nanas. Kandungan Vitamin C tertinggi terdapat pada perlakuan perbandingan 85% 15% yaitu sebesar 3 34 mg/100gram Kadar air terendah pada perlakuan perbandingan 75% 25% yaitu sebesar 23 39 gram/100gram dan serat pangan tertinggi terdapat pada perlakuan perbandingan 85% 15% yaitu sebesar 33 76 %. Terdapat perbedaan yang signifikan pada mutu hedonik rasa aroma dan tekstur. Mutu hedonik rasa tertinggi pada perlakuan perbandingan 85% 15% nilai mutu hedonik aroma tertinggi pada perlakuan perbandingan 85% 15% dan nilai mutu hedonik tekstur paling tepat pada perlakuan 80% 20%. Terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kesukaan rasa aroma dan tekstur. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah perbedaan komposisi nanas dan tepung terigu berpengaruh terhadap kandungan Vitamin C kadar air serat pangan rasa aroma dan tekstur. Saran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah formula yang dapat digunakan adalah rasio nanas dan tepung terigu 80% 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129542

Actions (login required)

View Item View Item