Studi tentang motif khas batik pada industri "Batik Tulis Retno Sembodo" Kabupaten Blitar / Aulia Dianing Argawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang motif khas batik pada industri "Batik Tulis Retno Sembodo" Kabupaten Blitar / Aulia Dianing Argawi

Argawi, Aulia Dianing (2017) Studi tentang motif khas batik pada industri "Batik Tulis Retno Sembodo" Kabupaten Blitar / Aulia Dianing Argawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Argawi Aulia Dianing. 2017. Studi Tentang Motif Khas Batik Pada Industri Batik Tulis Retno Sembodo Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Idah Hadijah M.Pd. (II) Nurul Hidayati S.Pd. M.Sn. Kata Kunci Motif Khas Makna Motif Batik Tulis Retno Sembodo Industri kerajinan Batik Tulis Retno Sembodo merupakan salah satu dari 13 IKM batik tulis yang ada di Kabupaten Blitar. Batik Tulis Retno Sembodo menyertakan filosofi pada setiap goresan motinya motif batiknya terinspirasi dari budaya tradisi dan sejarah yang belum pernah diciptakan di industri batik lainnya. Penelitian ini berfokus pada (1) motif khas Batik Tulis Retno Sembodo (2) makna motif khas Batik Tulis Retno Sembodo . Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Berdasarkan temuan peneliti dilapangan diperoleh data Batik Tulis Retno Sembodo memiliki 5 motif khas yaitu (1) motif Gadung Melati terinspirasi dari sejarah Nyi Gadung Melati (2) motif Jati Gerot terinspirasi dari kejadian alam sekitar lingkungan Nyi Gadung Melati (3) motif Miliran terinspirasi dari keadaan alam sekitar lingkungan Nyi Gadung Melati (4) motif Nyirih terinspirasi dari budaya mengunyah daun sirih dan (5) motif Tedak Siten terinspirasi dari upacara pitonan. Kesimpulan hasil penelitian meliputi (1) Batik Tulis Retno Sembodo merupakan batik modern karena motif batik yang dibuat tidak menggunakan patokan batik klasik (2) motif-motif yang digunakan bergaya bebas dan bersifat natularis (3) motif Khas Batik Tulis Retno Sembodo menggambarkan tentang sejarah peristiwa alam keadaan alam budaya dan tradisi (4) setiap motif khas Batik Tulis Retno Sembodo memiliki makna pada setiap goresan motif yang dibuat. Motif Gadung Melati di lukiskan dengan daun gadung dan bunga melati sebagai ornamen utamanya. Bunga jati sebagai ornamen utama pada motif Jati Gerot. Motif Miliran memiliki ornamen utama berupa arah angin yang dilambangkan dengan perjalanan hidup manusia. Daun sirih kapur gambir dan isi buah pinang merupakan ornamen utama pada motif Nyirih. Motif Tedak Siten memiliki kaki bayi sebagai ornamen utama. Penelitian ini berfokus pada motif khas dan makna motif khas Batik Tulis Retno Sembodo saran penelitian ini perlu ditindaklanjuti dalam hal pewarnaan produk hasil dan proses pengembangan motif. Pengrajin Batik Tulis Retno Sembodo sebaiknya (1) melengkapi bagian-bagian motifnya yang terdiri dari ornamen utama ornamen tambahan dan isen agar motif Batik Tulis Retno Sembodo termasuk kedalam batik lengkap. Dinas terkait sebaiknya (2) Memiliki data yang lebih lengkap dari berbagai industri yang terkait khususnya industri kerajinan Batik Tulis Retno Sembodo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item