Peningkatan keterampilan mengindentifikasi unsur intrinsik cerita melalui media rekaman audio pada siswa kelas V SDN Tegalari 03 Kabupaten Blitar / Arik Sebtiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan mengindentifikasi unsur intrinsik cerita melalui media rekaman audio pada siswa kelas V SDN Tegalari 03 Kabupaten Blitar / Arik Sebtiana

Sebtiana. Arik (2017) Peningkatan keterampilan mengindentifikasi unsur intrinsik cerita melalui media rekaman audio pada siswa kelas V SDN Tegalari 03 Kabupaten Blitar / Arik Sebtiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sebtiana Arik. 2017. Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita melalui Media Rekaman Audio pada Siswa Kelas V SDN Tegalasri 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd. (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita media rekaman audio Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga guru cenderung lebih aktif dari siswa. Selama pembelajaran berlangsung guru hanya menjelaskan materi tentang unsur intrinsik cerita kemudian membacakan sebuah cerita dari buku dan siswa disuruh untuk menyimak. Suara guru guru kurang jelas dan dalam membaca tanpa disertai intonasi yang pas. Guru juga cenderung lebih banyak melihat LKS yang dibaca sehingga perhatian pada siswa menjadi kurang. Hal ini menyebabkan siswa terlihat kurang antusias dan merasa bosan sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru malah asik bermain sendiri dan berbicara dengan temannya tanpa sepengetahuan guru. Selain itu guru juga hanya berada di dua posisi yaitu di depan kelas dan di tempat duduk guru sehingga suasana kelas sering gaduh. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan media rekaman audio untuk meningkatan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita dan (2) untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalasri 03 Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media rekaman audio dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I 86 1% atau baik meningkat pada siklus II menjadi 100% atau sangat baik. Dan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 68 6% atau kurang meningkat pada siklus II menjadi 87 1% atau baik. Kemudian keterampilan siswa dalam me-ngidentifikasi unsur intrinsik cerita juga meningkat dari siklus I dengan kemampuan klasikal 55 6% atau sangat kurang meningkat pada siklus II 98 2% atau sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media rekaman audio dapat meningkatkan keterampilan rata-rata siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita. Dengan demikian hendaknya guru dapat menggunakan media rekaman audio agar meningkatkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item