Idris, Erika Mufidatul Rahman (2017) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ragam hias Madura kelas VII E di SMP 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso / Erika Mufidatul Rahman Idris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mufidatul. R. I Erika. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ragam Hias Madura Kelas VII E Di SMP 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Hasil Belajar Ragam Hias Madura Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VII E di SMP Negeri 1 Prajekan adalah hasil belajar yang kurang memuaskan dengan nilai dibawah rata-rata (KKM 70). Penyebab dari permasalahan ini adalah peserta didik belum mampu menggambar bentuk dan motif ragam hias dengan komposisi dan proporsi yang tepat. Peserta didik cenderung membuat bentuk motif yang monoton atau sama dan belum dapat mengkombinasikan warna dengan teknik pewarnaan yang baik. Selain itu peserta didik tidak disiplin saat pengumpulan karya. Oleh sebab itu dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias Madura dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) pada kelas VII E di SMP Negeri 1 Prajekan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII E SMPN 1 Prajekan yang berjumlah 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes praktek dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari nilai proses berkarya peserta didik dan tes praktek yang akan mengukur hasil karya peserta didik. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi tes praktek dan dokumentasi pada penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) telah terjadi peningkatan hasil belajar menggambar ragam hias Madura. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari 2 penilaian yaitu proses berkarya dan hasil karya. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rekapitulasi proses berkarya dan hasil karya adalah 71 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 80 dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar pada siklus I terdapat 28 anak tuntas dan pada siklus II 33 anak tuntas dalam hasil pembelajaran. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12940 |
Actions (login required)
View Item |