Batik tulis pada sanggar batik Sekar Mukti di Desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan / Dinda Kusmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Batik tulis pada sanggar batik Sekar Mukti di Desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan / Dinda Kusmawati

Kusmawati, Dinda (2017) Batik tulis pada sanggar batik Sekar Mukti di Desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan / Dinda Kusmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusmawati Dinda. 2017. Batik Tulis Pada Sanggar Batik Sekar Mukti Di Desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) A.A.G Rai Arimbawa M. Sn (II) Ike Ratnawati S.Pd M. Pd Kata Kunci latar belakang Sanggar Batik Sekar Mukti batik tulis di Sanggar Batik Sekar Mukti Ditinjau dari sejarahnya batik merupakan barang seni yang memiliki nilai-nilai kultural yang unik. Kegiatan membatik dipandang sebagai kegiatan penuh nilai-nilai kerohanian yang memerlukan pemusatan pikiran kesabaran dan kebersihan jiwa dengan dilandasi permohonan petunjuk dan ridho Tuhan Yang Maha Esa. Sanggar Batik Sekar Mukti merupakan sanggar yang memproduksi batik. Sanggar Batik Sekar Mukti dibentuk oleh Ibu Luluk yang berawal dari sebuah program CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang batik tulis yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Sanggar Batik Sekar Mukti telah memproduksi dan menghasilkan berbagai macam batik sesuai dengan permintaan konsumen. Tujuan didirikannya sanggar adalah untuk menumbuhkan budaya batik selain itu sebagai wadah/tempat untuk menumbuhkan dan melestarikan budaya batik. Batik bukan hanya untuk orang-orang yang punya kesempatan dan uang lebih yang bisa menekuni batik tetapi dari semua kalangan masyarakat juga bisa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) latar belakang Sanggar Batik Sekar Mukti memilih untuk menekuni batik tulis di desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan (2) proses pembuatan batik tulis sebagai produk unggulan pada Sanggar Batik Sekar Mukti di desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan (3) ciri khas dari batik tulis pada Sanggar Batik Sekar Mukti di desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Dusun Guyangan RT. 43 RW. 07 Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Sumber data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Ibu Luluk selaku pendiri dan pemilik Sanggar Batik Sekar Mukti. Selanjutnya analisa yang digunakan dalam penelitian adalah analisa deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Sanggar Batik Sekar Mukti berdiri karena adanya program CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang batik tulis. (2) Batik tulis khas Sanggar Batik Sekar Mukti adalah motif keong mas motif kangkung motif buah lontar batik bunga krisan dan motif bunga sedap malam. (3) Batik tulis unggulan yang dimiliki oleh Sanggar Batik Sekar Mukti adalah batik tulis dengan motif enceng gondok dan rumput sawah. (4) Ciri khas dari Sanggar Batik Sekar Mukti yang tidak dimiliki sanggar lain adalah batik bordir yang mengkombinasikan antara batik tulis dengan bordir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item