Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif elektronika dasar dengan model project based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X di SMKN I Kepanjen / Diandra Dwi Rahmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif elektronika dasar dengan model project based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X di SMKN I Kepanjen / Diandra Dwi Rahmana

Rahmana, Diandra Dwi (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran interaktif elektronika dasar dengan model project based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X di SMKN I Kepanjen / Diandra Dwi Rahmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmana Diandra Dwi. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Dengan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X di SMKN 1 Kepanjen. Pembimbing (I) Prof. Dr. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Media Ajar berbasis Flash Project Based Learning (PjBL). Hasil dari observasi yang sudah dilakukan di SMKN 1 Kepanjen pada siswa kelas X mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika Industri adalah sebagai berikut (1) Pada proses pembelajaran guru masih menggunakan media ajar konvensional yaitu berupa materi pelajaran dalam bentuk file pdf ppt dan buku teks karena ada beberapa materi pelajaran yang sulit dipahami jika hanya menggunakan media pembelajaran konvensional (2) Siswa merasa kebingungan ketika terjadi perubahan dari pembelajaran abstrak (pembelajaran teori) ke pembelajaran kongkrit (pembelajaran praktikum) (3) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan sehingga kompetensi keahlian siswa belum bisa tercapai secara maksimal. Oleh karena itu maka diperlukan suatu media ajar yang dapat menjembatani antara kegiatan pembelajaran teori dan kegiatan pembelajaran praktikum dan materi-materi yang ada pada kompetensi dasar listrik dan elektronika dapat disampaikan ke siswa dengan lebih baik dari pada menggunakan media ajar konvensional sehingga siswa tidak lagi mengalami kebingungan lagi ketika kegiatan praktikum dilaksanakan dan kompetensi siswa dapat tercapai secara maksimal. Media ajar yang dipilih adalah media ajar berbasis Flash menggunakan software Adobe Flash Player dengan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media ajar berbasis Flash pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media ajar berbasis Flash yang layak dan digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Elektronika Industri kelas X SMKN 1 Kepanjen. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan pembelajaran tersebut. Penelitian pengembangan media ajar ini memperoleh hasil data uji validasi sebesar 90 7% pada ahli media sebesar 91 8% pada ahli materi 89 3% pada subjek uji coba kelompok kecil dan 87 9% didapat oleh subjek uji coba kelompok besar. Dari presentase tersebut media ajar berbasis Flash ini mendapatkan kriteria Sangat Valid dan telah melalui tahap akhir dari penelitian ini yaitu produksi massal produk media ajar berbasis flash untuk SMKN 1 Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129223

Actions (login required)

View Item View Item