Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran gambar ilustrasi bagi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batu / Rani Purwanti

Purwanti, Rani (2016) Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran gambar ilustrasi bagi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batu / Rani Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanti, Rani. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi bagi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Batu. Skripsi,Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji(II)Drs. Andi Harisman. Kata Kunci:Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Gambar Ilustrasi. Media yang memegang peranan yang cukup penting dalam menyalurkan informasi dari guru kepada peserta didikPemanfaatan media yang tepat dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap suatu kompetensi tertentu. Peserta didik akan lebih banyak menyerap suatu kompetensi pembelajaran apabila dia sendiri yang manjalankannya/ mempraktekkannya. Salah satunya dengan penerapan multimedia interaktif. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif materi gambar ilustrasi bagi peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Batu. Pengembangan media pemelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan 8 langkah model pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal, validasi desain, revisi produk, uji kelompok kecil sejumlah 15 siswa, revisi produk akhir, implementasi.Teknik pengambilan data yang digunakan berupa angket dengan menggunakaninstrumen pengambilan data angket tertutup dan terbuka. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli media media pembelajaran multimedia interaktif gambar ilutrasi memperoleh presentase 89% dengan kategori valid dandapat digunakan. Dari hasil evaluasi ahli materi 1 diperoleh presentase sebesar 87% dengan kategori valid dan dapat digunakan, sedangkan dari ahli materi 2 diperoleh presentase sebesar 98% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Hasil evaluasi uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 93% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Melihat dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif gambar ilustrasi bagi peserta didik kelas VIII ini dapat digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Saran dari penulis, apabila ada pengembang yang hendak mengembangkan media ini, sebaiknya menambahkan materi yang lebih lengkap mengenai pembuatan gambar ilustrasi dengan teknik digital dan dipilih langkah-langkah yang sekiranya mudah dipahami dan diikuti oleh siswa SMP dan membuat media pembelajaran yang lebih inovatif dengan desain, warna, layout maupun animasi yang lebih menarik dan interaktif, serta intrumen musik yang lebih variatif lagi agar menumbuhkan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item