Perbedaan hasil belajar sistem kontrol terprogram antara kelas dengan model brainwriting dan model scamper pada siswa kelas XII teknik otomasi industri di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Siti Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar sistem kontrol terprogram antara kelas dengan model brainwriting dan model scamper pada siswa kelas XII teknik otomasi industri di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Siti Aisyah

Aisyah, Siti (2020) Perbedaan hasil belajar sistem kontrol terprogram antara kelas dengan model brainwriting dan model scamper pada siswa kelas XII teknik otomasi industri di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah Siti. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Sistem Kontrol Terprogram Antara Kelas Dengan Model Brainwriting Dan Model Scamper Pada Siswa Kelas XII Teknik Otomasi Industri Di Smk Muhammadiyah 1 Kepanjen. Kata Kunci Model Brainwriting Model SCAMPER Hasil Belajar Sistem Kontrol. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pelajaran sistem kontrol terprogram yang masih kurang. Dalam hal ini peneliti meneneliti perbedaan antara model pembelajaran Brainwriting dan model pembelajaran SCAMPER untuk mengetahui hasil belajar Sistem Kontrol Terprogram di kelas XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar dalam aspek pengetahuan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model Brainwriting pada siswa XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar dalam aspek keterampilan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model Brainwriting pada siswa XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (3) untuk mendeskripsikan hasil belajar aspek pengetahuan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model SCAMPER pada siswa XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (4) untuk mendeskripsikan hasil belajar aspek keterampilan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model SCAMPER pada siswa XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen (5) untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model Brainwriting pada kelas A dengan model SCAMPER pada kelas B pada siswa kelas XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan (6) ) untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar aspek pengetahuan Sistem Kontrol Terprogram yang diberikan perlakuan menggunakan model Brainwriting pada kelas A dengan model SCAMPER pada kelas B pada siswa kelas XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Design rancangan penelitian ini yang akan dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pola Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII TOI 1 sebagai kelas eksperimen A dan siswa kelas XII TOI 2 sebagai kelas eksperimen B. Objek berjumlah 36 di masing-masing kelas. Penelitian ini menggunakan metode tes berupa pretest dan posttest. Pada penelitian ini data dari hasil belajar diperoleh melalui nilai posttest yang diolah dengan SPSS 21 for Windows. Dimana hasil belajar siswa kelas A dengan model Brainwriting pada aspek pengetahuan mendapat rata-rata nilai 81 08 sedangkan pada aspek keterampilan mendapat rata-rata nilai 83 76 dan kelas B dengan model SCAMPER pada aspek pengetahuan mendapat rata-rata nilai sebesar 92 91 sedangkan pada aspek keterampilan mendapat rata-rata nilai 77 6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas A dan kelas B setelah diberi perlakuan mengalami kenaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/129187

Actions (login required)

View Item View Item