Pengembangan video boneka wayang kontemporer sebagai media pendidikan karakter bagi siswa kelas V SD Neferi Bareng 3 Malang / Ainun Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video boneka wayang kontemporer sebagai media pendidikan karakter bagi siswa kelas V SD Neferi Bareng 3 Malang / Ainun Umami

Umami, Ainun (2016) Pengembangan video boneka wayang kontemporer sebagai media pendidikan karakter bagi siswa kelas V SD Neferi Bareng 3 Malang / Ainun Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umami Ainun. 2016. Pengembangan Video Boneka Wayang Kontemporer Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bareng 3 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M. Sn (II) Rudi Irawanto S.Pd. M.Sn. Kata Kunci video boneka wayang kontemporer media pendidikan karakter Dewasa ini semakin maraknya penurunan moral pada anak bahkan juga terjadi pada pelajar. Hal tersebut dapat terbukti dari beberapa media cetak online. Saat melakukan observasi dan wawancara di SD Negeri Bareng 3 Malang terdapat beberapa sampah yang ditemukan tercecer disekitar tempat sampah dan hasil dari wawancara adalah masih terdapat beberapa guru yang belum memiliki media pembelajaran khususnya media pendidikan karakter. Oleh sebab itu dubutuhkan sebuah media guna mempermudah pendidik dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak. Pengembangan media pembelajaran berbasis video pendidikan karakter ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah media pendidikan karakter bagi siswa kelas V serta guna mendiskripsikan kemenarikan media pendidikan karakter yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang dikemukakan oleh Borg Gall yaitu Research and Development. Berikut delapan langkah dalam tahapan pengembangan yang telah dimodifikasi yaitu a) analisis kebutuhan b) perencanaan c) pengembangan produk awal d) validasi ahli e) revisi I f) uji coba lapangan g) revisi II h) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Produk Pengembangan Video Boneka Wayang Kontemporer Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas V SD Bareng 3 Malang memperoleh hasil analisis data validasi oleh ahli media ahli materi uji coba pengguna pendidik dan uji coba pengguna peserta didik sebagai berikut. Pertama hasil validasi oleh ahli media memperoleh presentase 80% dengan kualifikasi valid. Kedua hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 78 33% dengan kualifikasi valid. Ketiga hasil validasi oleh uji coba pengguna pendidik memperoleh presentase 93 33% dengan kualifikasi sangat valid. Keempat hasil validasi oleh uji coba pengguna peserta didik memperoleh presentase 90 71% dengan kualifikasi sangat valid. Jika dihitung secara keseluruhan memperoleh rata-rata presentase sebesar 85 60% dengan kualifikasi valid dengan kata lain media pembelajaran berbasis video pendidikan karakter dengan tokoh boneka wayang kontemporer ini layak serta menarik untuk digunakan sebagai media pendidikan karakter bagi anak kelas V di SD Negeri Bareng 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item