Yolanda, Grista (2016) Penerapan penilaian kurikulum 2013 pada pembelajaran seni budaya kelas VIII di SMP Negeri Kota Malang / Grista Yolanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yolanda Grista. 2015.Penerapan Penilaian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri se-Kota Malang. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Drs. Muhadjir. Kata Kunci penilaian kurikulum 2013 seni budaya SMP Negeri Malang Penilaian kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diimplementasikanpemerintahmelaluiKementrianPendidikandanKebudayaanpadatahun 2013 sebagaipenyempurnaankurikulumsebelumnyayakniKurikulum Tingkat SatuanPendidikan(KTSP).Kurikulum 2013 lebihberfokuspadapemikirankompetensiberbasissikap keterampilan danpengetahuan. Senibudayadalamkurikulum 2013 dirumuskanuntukmencakupstudikaryasenibudaya praktikberkaryasenibudaya danpembentukansikapapresiasiterhadapsenibudaya.Berlatar belakang pada hal tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapanperencanaan pelaksanaan dan pelaporanpenilaiankurikulum 2013 padapembelajaransenibudayakelas VIII di SMP Negeri Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan kuesioner tertutupdanterbuka. Populasi penelitian ini adalah guru-guru seni budaya yang mengajar kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling atau sampel wilayah. Subjek penelitian sebanyak 12 guru diambil dari 12 sekolah sebagai sampel dari setiap wilayah kecamatan di kota Malang. Analisis pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diambil dari total 12 responden menunjukkan (1) (72 5%) responden telah melaksanakan perencanaan penilaian kurikulum 2013 (2) (88 9%) responden telah melakukan pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 dan (3) (64 9%)responden telah melaksanakan pelaporan penilaian kurikulum 2013. Berdasarkan hasil temuan diatas bisa disimpulkan bahwa penerapan penilaian kurikulum 2013 belum terlaksana sepenuhnya. Hal ini dikarenakan pendidik mengaku memiliki kendala dalam keterbatasan tenaga dan waktu untuk menerapkan penilaian kurikulum 2013 sepenuhnya. Saran bagi guru seni budaya sesuai hasil temuan penelitian tersebut agar meningkatkan perencanaan pelaksanaan dan pelaporan dalam menerapkan penilaian kurikulum 2013. Bagi sekolah bekerja sama dengan guru dalam menfasilitasi penerapan kurikulum 2013 bagi Dinas Pendidikan Kota Malang penelitian ini dapat menjadi bahan informasi dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru dalam menerapkan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12911 |
Actions (login required)
View Item |