Studi tentang desain kerajinan batu marmer di rumah industri "Suwarni" Campurdarat Tulungagung / Lazohra Khiolida Ariyanti

Ariyanti, Lazohra Khiolida (2016) Studi tentang desain kerajinan batu marmer di rumah industri "Suwarni" Campurdarat Tulungagung / Lazohra Khiolida Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyanti, Lazohra Kholida. 2016. Studi Tentang Desain Kerajinan Batu Marmer di rumah Industri ÔÇ£SuwarniÔÇØ Campurdarat Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ponimin. M. Hum. (2) Rudi Irawanto, S.Pd, M.Sn. Kata Kunci: Desain kerajinan Batu Marmer, kerajinan batu marmer, Tulungagung Kerajinan batu marmer merupakan kerajinan industri unggulan Kabupaten Tulungagung. Perkembangan kerajinan tersebut dapat dilihat dengan bermunculan rumah industri kerajinan marmer di Campurdarat dan sekitarnnya, salah satunya rumah industri di Campurdarat yakni ÔÇ£SuwarniÔÇØ. Hasil produk kerajinannya cukup beragam. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan, (1) Proses pembuatan kerajinan batu marmer, (2) Desain produk kerajinan batu marmer. Penelitian ini tentang penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumplan data. Metode ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi data. Lokasi penelitian terletak di rumah industri ÔÇ£SuwarniÔÇØ dusun Kauman, desa Campurdarat, kecamatan Campurdarat, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dengan subyek pemilik rumah industri ÔÇ£SuwarniÔÇØ yaitu Bapak Suwarni beserta karyawannya. Melalui penelitian ini diperoleh data sebagai berikut, 1) Proses pembuatan kerajinan batu marmer. Proses ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: a) Teknik pengolahan bahan. Teknik pengolahan bahan meliputi alat dan bahan. Alat yang digunakan antara lain; penggaris, penggaris siku, meteran, amplas/kertas gosok, palu besi, kuas, skrap, spidol. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain; batu marmer, batu onyx, obat poles, resin, milk, katalis. b) Teknik pembentukan bahan. Teknik ini meliputi dua macam yaitu bubut dan skrap. Pada teknik bubut meliputi mesin bubut dan mesin poles. Sedangkan teknik skrap meliputi mesin poles, mesin gergaji dan mesin gerinda. c) Finishing. Proses finishing meliputi dua tahap yaitu penghalusan produk batu marmer dengan menggunakan amplas/ kertas gosok dan penggalusan produk batu marmer dengan menggunakan mesin gerinda/ mesin penghalus. 2) Desain produk kerajinan batu marmer. Desain kerajinan ini dibagi menjadi tiga antara lain; a) Estetik praktis/fungsi praktis dengan bentuk silindris, kubistis dan non geometris. b) Esterik non praktis/ fungsi hias dengan bentuk flora, fauna dan geometris. c) Unsur dan prinsip desain. Unsur desain terdiri dari; warna, bentuk, tekstur, dan ruang. Sedangkan prinsip desain terdiri dari irama/ritme, kesatuan, dominan, keseimbangan dan proporsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item