Pengembangan bahan ajar bermuatan augmented reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Jamaluddin Tarihoran - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bermuatan augmented reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Jamaluddin Tarihoran

Tarihoran, Jamaluddin (2019) Pengembangan bahan ajar bermuatan augmented reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Jamaluddin Tarihoran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tarihoran Jamaluddin. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Smk Islam 1 Blitar . Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Bahan Ajar Augmented Reality Komputer dan Jaringan Dasar Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Merancang bahan ajar bermuatan Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Islam 1 Blitar (2) Mengembangkan bahan ajar bermuatan Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas X di SMK Islam 1 Blitar (3) Mengetahui tingkat Validitas bahan ajar bermuatan Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Islam 1 Blitar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan 5 (lima) tahap penelitian dan pengembangan. Terdapat 3 (tiga) tahap validasi yakni validasi ahli media dilakukan oleh guru matapelajaran validasi materi dilakukan oleh guru mata pelajaran dan validasi uji produk dilakukan oleh siswa kelas X SMK Islam 1 Blitar. Untuk menguji kelayakan materi dan media menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas materi pada bahan ajar memperoleh nilai persentase sebesar 89 00% dimana bahan ajar dinyatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Nilai validitas media mendapatkan nilai persentase sebesar 91 25% yang berarti sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Nilai validitas yang didapatkan dari uji produk total sebesar 89 52% yang artinya bahan ajar dapat digunakan tanpa revisi. Tetapi didalam angket terdapat form berupa saran untuk perbaikan-perbaikan bahan ajar sehingga bahan ajar tetap diperbaiki sesuai saran-saran yang diberikan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini terbukti bahwa bahan ajar bermuatan Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Islam 1 Blitar sangat layak untuk dilanjutkan dan digunakan sebagai bahan ajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128991

Actions (login required)

View Item View Item