Adyatama, Yudha Adhenda Jaka (2019) Analisis pengaruh kajian praktik lapangan, efikasi diri, dan kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Teknik Informatika FT UM / Yudha Adhenda Jaka Adyatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adyatama Yudha Adhenda Jaka. 2019. Analisis Pengaruh Kajian Praktik Lapangan Efikasi Diri dan Kompetensi Pedagogik terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Kajian Praktik Lapangan Efikasi Diri Kompetensi Pedagogik Minat Menjadi Guru Permasalahan yang menjadi latar belakang pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2015 memiliki minat yang rendah terhadap profesi guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Kajian Praktik Lapangan efikasi diri kompetensi pedagogik dan minat menjadi guru (2) mengungkap pengaruh secara parsial antara Kajian Praktik Lapangan efikasi diri dan kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (3) mengungkap pengaruh secara simultan antara Kajian Praktik Lapangan efikasi diri dan kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah expost facto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu Kajian Praktik Lapangan (X1) efikasi diri (X2) dan kompetensi pedagogik (X3) serta satu variabel terikat yaitu minat menjadi guru (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2015 yang telah melaksanakan kegiatan Kajian Praktik Lapangan (KPL) yang berjumlah 80 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat Kajian Praktik Lapangan komptensi pedagogik dan minat menjadi guru tergolong dalam ketegori tinggi sedangkan efikasi diri tergolong dalam kategori sedang (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kajian Praktik Lapangan terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung2 132 dan nilai signifikansi 0 03 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung 2 053 dan nilai signifikansi 0 04 (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru dengan nilai thitung 2 314 dan nilai signifikansi 0 02 (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kajian Praktik Lapangan efikasi diri dan kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru dengan nilai Fhitung 7 606 dan nilai signifikansi 0 000. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari ketiga variabel bebas adalah sebesar 23 1% sedangkan untuk sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/128989 |
Actions (login required)
View Item |