Analisis hasil gambar anak yang mengikuti sanggar dan tidak mengikuti sanggar di SDN Kauman 2 Malang / Maya Luvita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hasil gambar anak yang mengikuti sanggar dan tidak mengikuti sanggar di SDN Kauman 2 Malang / Maya Luvita Sari

Sari, Maya Luvita (2016) Analisis hasil gambar anak yang mengikuti sanggar dan tidak mengikuti sanggar di SDN Kauman 2 Malang / Maya Luvita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Maya Luvita. 2015. AnalisisHasilGambarAnak yang mengikutiSanggardanTidakMengikutiSanggar di SDN Kauman 2 Malang. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ida SitiHerawati M.Pd. (II) Drs.AndiHarisman Kata Kunci analisis hasilgambaranak sanggar Perlombaanmewarnadanmelukispadaanakadalahfenomena yang sedangtrendsaatini. Karyagambarataulukisananak yang berlatarbelakangsanggarmenjadibahanperbincangandanpusatperhatian dikarenakanpenguasaankonsepdanteknik yang jauhberbedadengananakpadaumumnya. Dari fenomenatersebutmenunjukkanadanyaperbedaankarakter yang sangatmenonjolpadahasilgambaranak yang mengikutisanggardantidakmengikutisanggarberdasarkanteoriperiodisasiperkembangansenianak. Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaianalisishasilgambartersebut. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikananalisishasilgambaranak yang mengikutisanggardanhasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarpadapenggambaranbentukobjek warna proporsi komposisi danteknikmewarna. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif dimana data yang diperolehmelaluiobservasi dokumentasidanwawancaradianalisisbersama. Analisis data dilakukanmelaluireduksi data sajian data penarikankesimpulandanverifikasi. Selanjutnyapengecekankeabsahantemuanmelaluitriangulasi data. Tahappenelitian yang dilakukanadalahtahappersiapan penyusunanrancangan pelaksanaan analisis data danpelaporan Berdasarkanhasilanalisis data tersebut diperolehtemuanpenelitiansebagaiberikut penggambaraanbentukobjekpadahasilgambaranak yang mengikutisanggarditemukankecenderunganbentukobjekmanusiadanbendalangitdenganteknikdankonsep yang sama padahasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarbentukobjeklebihekspresif. Padaaspekwarnaditemukankecenderunganpenyelesaianwarnagradasipenuhpadahasilgambaranak yang mengikutisanggar padahasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarcenderungmenggunakanwarnablok. Komposisipadahasilgambaranak yang mengikutisanggarcenderungtutupmenutup sedangkanpadahasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarpenataanobjekcenderungtumpangtindihataupenumpukan namunjugaditemukankomposisiperebahan x-ray danbertumpupadagarisdasar. Proporsipadahasilgambaranak yang mengikutisanggarcenderungmemilikikesebandinganukuran yang proporsional sedangkanpadahasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarcenderungmelakukanpembesaranpadaobjek yang dianggappenting. Teknikpewarnaanpadahasilgambaranak yang mengikutisanggarcenderungmenggunakanteknikgradasidanteknik graffito dengan media krayondankerok sedangkanpadahasilgambaranak yang tidakmengikutisanggarlebihbanyakmenggunakanteknikblokdanteknikarsirdengan media pensilwarna. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item