Analisis gambar ilustrasi pada bukuy teks seni budaya untuk SMP kelas VII terbitan Kemendikbud / Firdyas Dwi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gambar ilustrasi pada bukuy teks seni budaya untuk SMP kelas VII terbitan Kemendikbud / Firdyas Dwi Kurniawati

Kurniawati, Firdyas Dwi (2016) Analisis gambar ilustrasi pada bukuy teks seni budaya untuk SMP kelas VII terbitan Kemendikbud / Firdyas Dwi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Firdyas Dwi. 2015. Analisis Gambar Ilustrasi pada Buku Seni Budaya untuk kelas VII SMP Terbitan Kemendikbud. Skripsi. Program Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd (II) Drs. Andi Harisman. Kata kunci analisis gambar ilustrasi buku seni budaya untuk kelas VII SMP Tidak semua buku teks bisa dipahami oleh siswa begitu pula tidak semua siswa memiliki pemahaman yang sama terhadap materi yang terdapat dalam buku pegangannya. Sebuah buku yang menjadi pedoman untuk pembelajaran haruslah mampu untuk menumbuhkan minat membaca bagi siswanya. Untuk itu maka dirasa perlu untuk melakukan analisis gambar ilustrasi pada buku teks Seni Budaya untuk kelas VII SMP yang diterbitkan oleh Kemendikbud untuk mengetahui visualisasi ilustrasi corak yang digunakan dan kesesuaian ilustrasi dalam buku teks. Gambar ilustrasi merupakan gambar yang menyertai sebuah teks. Gambar Ilustrasi yang baik adalah gambar yang dapat menggambarkan dengan jelas terhadap pesan yang hendak dijelaskan atau disampaikan. Jenis gambar ilustrasi dibedakan menjadi gambar tangan fotografi dan olah digital. Gaya ilustrasi dibedakan menjadi gaya realistis dekoratif karikatural dan kartunal. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks siswa mata pelajaran seni budaya yang diterbitkan oleh Kemendikbud untuk jenjang kelas VII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui visualisasi ilustrasi yang terdapat dalam buku teks mengetahui corak ilustrasi yang digunakan dalam buku teks dan kesesuaian ilustrasi dalam buku teks. Berdasarkan penafsiran dari data yang diperoleh maka didapat kesimpulan sebagai berikut Pada buku seni budaya untuk kelas VII SMP Terbitan Kemendikbud terdapat sejumlah 112 gambar ilustrasi dari 8 bab dan 46 sub bab. Dalam buku ini terdapat gambar ilustrasi jenis gambar tangan sebanyak 29 gambar jenis ilustrasi fotografi sebanyak 62 gambar sedangkan untuk jenis gambar ilustrasi hasil olah digital sebanyak 22 gambar. Gambar ilustrasi bergaya gaya realis sebanyak 73 gambar dan bergaya dekoratif sebanyak 39 gambar. Hampir semua ilustrasi yang dibuat tidak membuat pembaca memiliki penafsiran ganda terhadap isi gambar maupun isi materi meskipun ada beberapa gambar yang tampak kurang jelas bahkan kurang sesuai dengan isi materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item