Permainan tradisional anak-anak Bali sebagai sumber ide dalam penciptaan karya seni lukis / Kukuh Handal Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan tradisional anak-anak Bali sebagai sumber ide dalam penciptaan karya seni lukis / Kukuh Handal Prakoso

Prakoso, Kukuh Handal (2015) Permainan tradisional anak-anak Bali sebagai sumber ide dalam penciptaan karya seni lukis / Kukuh Handal Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handal Prakoso Kukuh. 2015. Permainan Traadisional Anak Bali Sebagai Sumber Inspirasi Karya Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Permainan Tradisional Anak Bali penciptaan seni lukis Permainan tradisional anak Bali adalah sebuah bentuk permainan yang dimainkan oleh anak-anak Bali jaman dulu. Kebanyakan permainan ini dilakukan dengan cara kelompok. Kehidupan masyarakat di masa lalu yang bisa dibilang tidak mengenal dunia luar telah mengarahkan dan menuntun mereka pada kegiatan sosial dan kebersamaan yang tinggi. Terlebih kebudayaan Indonesia pada umumnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. Hal ini yang kemudian mendorong tercipta nya jenis permainan tradisional. Sayang nya perkembangan jaman khususnya perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat jenis permainan ini perlahan mulai menghilang. Pada penciptaan ini penulis mengambil ide atau gagasan berkarya dari permainan tradisional anak bali yang merupakan inspirasi dari keperhatinan terhadal anak-anak masa kini. Ide atau gagasan tersebut diwujudkan dalam karya seni lukis karakter Pop Art. Karakter seni lukis Pop Art dipilih oleh penulis sebagai media berkreasi dalam mengekspresikan jiwa pencipta berdasarkan ide dari penulis sendiri. Penulis menciptakan 6 buah karya seni lukis dengan media estetik berupa titik garis bidang dan ruang warna serta tekstur sebagai simbolisasi dari konsep. Menggunakan karakteristik karya berupa garis dan warna dengan garis cenderung semua lengkung dan dengan warna-warna yang kesemuanya perpaduan warna yang cerah ceria yang melambangkan anak-anak Proses dalam membuat karya seni lukis ini berawal dari sebuah perancangan konsep yang terdapat ide atau sebuah gagasan objek dan tema yang akan diciptakan yaitu objek reprensentasional. Kemudian menentukan karakteristik karya kemudian menentukan teknik alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah itu jika semua sudah terpenuhi selanjutnya adalah proses berkarya mulai dari membuat sketsa kemudian memindahkannya ke kanvas. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan teknik blok hingga detail karya. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberi manfaat yang sangat luar biasa bagi pencipta maupun orang lain. Mulai dari perancangan konsep hingga proses berkarya dan diskripsi karya berdasarkan sudut pandang pribadi penulis maupun sudut pandang para ahli. Lalu memberikan suatu pengertian bahwa permainan tradisional anak bali harus dilestarikan dan dibudayakan. Dengan adanya penciptaan ini yang bertema permainan tradisional anak bali melalui sudut pandang penulis diharapkan bisa menjadi wacana bagi setiap pembaca lainya agar suatu saat bisa membuat karya ataupun tulisan yang lebih bermanfaat lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item