Studi tentang kecenderungan tipe objek, tema, dan karakteristik warna pada gambar siswa kelas VII-A di SMPN 08 Malang / Vita Primasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kecenderungan tipe objek, tema, dan karakteristik warna pada gambar siswa kelas VII-A di SMPN 08 Malang / Vita Primasari

Primasari, Vita (2015) Studi tentang kecenderungan tipe objek, tema, dan karakteristik warna pada gambar siswa kelas VII-A di SMPN 08 Malang / Vita Primasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Primasari Vita. 2015. Studi Tentang Kecenderungan Tipe Objek Tema dan Karakteristik Warna Pada Gambar Siswa Kelas VII-A di SMPN 08 Malang. Skripsi Jurusan Seni Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata Kunci tipe visual tema tipe warna SMPN 08 Malang Anak pada kelas VII atau rentang usia 11-13 tahun termasuk dalam kategori awal remaja atau masa peralihan dari anak ke remaja dimana dalam pola pertumbuhan dan perkembangan disebut masa pencarian identitas. Sedangkan dalam periode perkembangan usia remaja memasuki periode penentuan dimana dalam periode ini anak mulai tumbuh dan memiliki kesadaran akan kemampuan diri dan bakat yang dimiliki dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai tipe objek tema dan karakteristik warna pada gambar siswa di SMPN 08 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deduktif dengan pendekatan analisis isi. Proses pengumpulan data menggunakan cara observasi hasil gambar siswa kelas VII-A SMPN 08 Malang dengan jumlah 31 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrumen non-test. Analisa data melalui tahap (1) observasi (2) memberi tanda atau coding dan (3) tabulasi data. Untuk menentukan hasil dengan beberapa rater. Dari analisis data diperoleh simpulan hasil sebagai berikut. Pertama pada hasil gambar siswa kelas VII-A SMPN 08 Malang ditemukan kecenderungan hasil gambar yaitu tipe schematic (40%) dan structural form (22%) organic (4%) tipe lyrical (10%) tipe impressionism (3%) tipe rhythmical pattern (19%) dan tipe literary (2%). Sedangkan tipe gambar yang tidak terdapat pada hasil gambar siswa adalah tipe haptic expressionism enumerative decorative dan romantic. Kedua hasil tema pada gambar yang ditemukan kecenderungan hasil gambar yaitu tema peristiwa sekejap (52%) tema pemandangan alam (24%) tema imajinasi (4%) dan tema cerita kepahlawanan (2%). Sedangkan tema yang tidak digunakan oleh siswa adalah tema keinginan anak dan tema cita-cita. Ketiga hasil tipe warna gambar yang ditemukan adalah tipe warna hangat sejuk muda dan gelap namun kecenderungan hasil gambar adalah tipe warna tua atau gelap (52%) tipe warna hangat (26%). Klasifikasi sedikit sekali pada tipe warna sejuk (3%) dan tipe warna muda (19%). Sedangkan tipe warna yang tidak digunakan terdapat pada karakterisik warna tegas dan tenggelam. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk lebih mendalami tipe gambar dan warna pada anak sehingga dapat mengetahui karakter dan potensi anak serta untuk peneliti berikutnya agar dapat menghubungkan tipe visual dengan psikologi anak agar dapat diarahkan ke arah perilaku yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item