Pengembangan modul ajar komputer dan jaringan dasar dengan model project based learning untuk siswa kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 5 Malang / Ganep Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar komputer dan jaringan dasar dengan model project based learning untuk siswa kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 5 Malang / Ganep Prayoga

Prayoga, Ganep (2019) Pengembangan modul ajar komputer dan jaringan dasar dengan model project based learning untuk siswa kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 5 Malang / Ganep Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayoga Ganep. 2019. Pengembangan Modul Ajar Komputer dan Jaringan Dasar dengan Model Project Based Learning untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Modul Project Based Learning Komputer dan Jaringan Dasar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar cetak yang didesain sesuai dengan kebutuhan saat ini modul ini tentunya lebih efektif dibanding dengan hasil catatan siswa yang tentunya tidak semua poin yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan sempurna oleh siswa. Modul ini berisi tentang teori tugas sekolah dan tugas rumah yang dikerjakan secara mandiri disetiap bab. Tugas-tugas yang ada pada modul ini akan menambah keterampilan siswa dalam memahami teori dan praktik mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Pengembangan modul dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Dick Carey dengan tahap sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengambangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih material pembelajaran (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi bahan pembelajaran dan (10) mendesain dan melaksanan evaluasi sumatif. Tujuan yang ingin didapatkan adalah sebuah bahan ajar berupa modul cetak yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa modul ajar cetak dengan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase untuk pengujian ahli materi sebesar 96 32% pengujian hasil ahli media sebesar 93 33% pada uji kelompok kecil 86 88% hasil pengujian kelompok besar 89 93%. Dari hasil analisis data kemudian didapatkan hasil rata-rata validasi ahli sebesar 94 82% yang memiliki kriteria sangat layak sedangkan untuk rata-rata uji coba sebesar 88 40% yang memiliki kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil rata-rata ahli dan uji coba menurut kriteria kelayakan Akbar secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini sudah valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Malang. ABSTRACT Prayoga Ganep. 2019. Development of Basic Computer and Network Teaching Modules with Project Based Learning Model for Class X Students of Computer and Network Engineering Expertise Programs at Vocational High School 5 Malang. Thesis Study Program of Informatics Education. Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Keywords Module Development Project Based Learning Computers and Basic Networks This study aims to produce print teaching modules that are designed according to current needs this module is certainly more effective than the results of student records which of course not all points submitted by the teacher can be received perfectly by students. This module contains theories school assignments and homework that are done independently in each chapter. The tasks in this module will add to students skills in understanding the theory and practice of Computers and Basic Networks subjects. Module development is done using the Dick Carey development model with the following stages (1) identify instructional goal(s) (2) conduct instructional analysis (3) identify entry behaviors characteristics (4) write performance objectives (5) develop criterion -referenced test item (6) develop instructional strategy (7) develop and select instructional materials (8) design and conduct formative evaluation (9) revise instruction and (10) design and conduct summative evaluation. The goal to be obtained is a teaching material in the form of a print module that uses the Project Based Learning learning model on Basic Computer and Network subjects. The product produced in this development is a print teaching module with the Project Based Learning learning model. Based on the results of data analysis the percentage for testing material experts was 96.32% testing the results of media experts was 93.33% in the small group test 86.88% the results of the testing of large groups were 89.93%. From the results of the data analysis then the results of the average expert validation were 94.82% which had the criteria of very decent while for the average trial was 88.40% which had the criteria of very decent. Based on the results of the average expert and trial according to the Akbar eligibility criteria as a whole it can be concluded that this learning module is valid and feasible to be used in the learning process of Computer subjects and Basic Networks of Computer anf Network Engineering Expertise class X at Vocational High School 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128711

Actions (login required)

View Item View Item