Pengembangan aplikasi tutor Nearby berbasis android untuk membantu siswa dalam mencari tutor belajar / Iqbal Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi tutor Nearby berbasis android untuk membantu siswa dalam mencari tutor belajar / Iqbal Firmansyah

Firmansyah, Iqbal (2019) Pengembangan aplikasi tutor Nearby berbasis android untuk membantu siswa dalam mencari tutor belajar / Iqbal Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmansyah Iqbal. 2019. Pengembangan Aplikasi Tutor Nearby Berbasis Android untuk Membantu Siswa dalam Mencari Tutor Belajar. Skripsi Jurusan Teknik Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci Aplikasi android Tutor belajar Prototyping Dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran dimana kegiatan tersebut tidak hanya terjadi di lingkungan lembaga pendidikan pemerintah namun juga di luar lembaga pemerintah. Adanya pembelajaran di luar lembaga pemerintah dikarenakan kurangnya waktu belajar peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan ketika pembelajaran berlangsung lingkungan belajar yang kurang kondusif/nyaman bagi peserta didik serta ingin mengembangkan materi yang diajarkan lebih dalam. Salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran adalah pendidik yang berperan sebagai pemimpin belajar fasilitator moderator motivator evaluator tutor dan innovator sehingga baik pendidikan di dalam lembaga maupun di luar lembaga masih membutuhkan peran. Didalam lembaga pendidikan pendidik telah disediakan oleh pemerintah sedangkan diluar lembaga pendidikan peserta didik harus mencari sendiri pendidik atau tutor belajar namun ada beberapa kesulitan dalam mencari tutor belajar diantaranya bidang ilmu yang diinginkan belum tersedia jarak yang terlalu jauh biaya yang mahal dll. Di sisi lain banyak yang ingin menjadi tutor belajar namun tidak ingin terikat pada lembaga kursus tidak tersedianya lembaga kursus yang bergerak di bidang ilmu tertentu dan jarak antar peserta didik dengan tutor belajar terlalu jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan suatu aplikasi yang dapat mempertemukan peserta didik dan tutor belajar yang sesuai berdasarkan jarak bidang ilmu dan biaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Pengembangan sistem ini merujuk pada model pengembangan prototyping yang terdiri dari (1) tahap perencanaan (planning) (2) tahap analisis (analysis) (3) tahap desain (design) (4) System Prototype (5) tahap implementasi (implementation) dan (6) System. Subyek uji coba penelitian ini adalah ahli sistem informasi dan 30 mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro sebagai pengguna siswa maupun tutor. Metode pengujian yang digunakan adalah black-box Testing. Aplikasi Tutor Nearby yang telah dikembangkan memiliki tiga pengguna yakni admin siswa dan tutor. Fitur utama aplikasi ini adalah pencarian tutor berdasarkan jarak dan course percakapan dan pembuatan event atau kegiatan belajar bersama. Aplikasi ini dikembangkan dalam dua siklus. Hasil pengujian dengan menggunakan black-box testing didapatkan sebesar 95 96% sehingga fungsionalitas aplikasi tutor nearby dapat dikatakan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128707

Actions (login required)

View Item View Item