Perbandingan model pembelajaran cooperative learning tipe student facilitator and explaining dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari / Darma Rusdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran cooperative learning tipe student facilitator and explaining dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari / Darma Rusdianto

Rusdianto, Darma (2019) Perbandingan model pembelajaran cooperative learning tipe student facilitator and explaining dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari / Darma Rusdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusdianto Darma. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Student Facilitator and Explaining Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. HarySuswanto M.T (II) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom Kata Kunci HasilBelajar Student Facilitator and Explaining Pembelajaran Konvensional Komputer dan Jaringan Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran konvensional dan model SFAE pada mata pelajaran Komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu Quasi Experimental dengan desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Design dimana pada desain ini kelompok kelas eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif karena penelitian ini menggunakan data yaitu berupa angka dari hasil belajar peserta didik yang meliputi nilai pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MM di SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 64 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan karena penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan penerapan model pembelajaran Konvensional (2) terdapat peningkatan hasil belajar ranah keterampilan karena penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan penerapan model pembelajaran Konvensional (3) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Konvensional dengan signifikasi sebesar 0 017

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128699

Actions (login required)

View Item View Item