Ramadhan, Muhammad Agus (2015) Anak autis sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis / Muhammad Agus Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bagus Ramadhan Muhammad. 2015. Anak Autis Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Anak Autis Penciptaan Seni lukis Representasional Anak autis merupakan anak dengan kebutuhan khusus yang mengalami kelainan pada otak yang mempengaruhi interaksi sosial mereka pola komunikasi emosi dan memiliki keterbatasan gerak. Anak autis merupakan anak dengan perkembangan yang unik sehingga perhatian dari orang-orang disekitar mereka sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang mereka secara sempurna. Ide penciptaan karya lukis ini adalah anak autis sedangkan temanya adalah prilaku anak autis yang diwujudkan ke dalam karya seni lukis dekoratif. Pencipta memilih seni lukis dekoratif sebagai media berkreasi untuk mengekspresikan rasa jiwa melalui tampilan visual karya dua dimensional dengan menggunakan garis bentuk dan warna yang menghasilkan lukisan semi abstrak. Proses penciptaan karya seni lukis semi abstrak ini bermula dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide tema dan objek yang akan diciptakan yaitu objek anak autis. Setelah itu menentukan karakteristik karya teknik alat dan bahan yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa di atas kertas lalu memindahkannya ke kanvas. Kemudian teknik yang digunakan dalam proses pewarnaan antara lain adalah teknik blok sapuan kuas basah dan teknik plakat. Setelah itu proses finishing karya. Penulis menampilkan 6 karya seni lukis representasional dengan media estetik berupa titik garis bentuk dan warna sebagai simbolisasi dari konsep. Karakteristik dari keenam lukisan yang diciptakan adalah dominan menggunakan warna biru wajah separuh yang datar penggambaran ruang kosong dan datar dan dekorasi pada objek. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni lukis semi abstrak dekoratif. Mulai dari perancangan konsep hingga proses visualisasi karya dan diskripsi karya berdasarkan pengamatan pribadi penulis. Melalui keenam karya lukis ini dapat memberikan informasi berupa pesan moral bahwa anak autis perlu mendapat perhatian dan perlakuan selayaknya dari masyarakat. Karya penciptaan ini bisa menjadi wacana dan perenungan bagi masyarakat untuk menghargai hasil karya seni lukis semi abstrak sehingga yang muncul adalah persepsi positif terhadap anak autis. Manfaat bagi dunia pendidikan terkait tema prilaku anak autis yang diwujudkan ke karya lukis semi abstrak dapat menambah wawasan apresiasi bagi peserta didik dan memberi pemahaman kepada para pendidik tentang prilaku unik anak autis yang membutuhkan perlakuan khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12868 |
Actions (login required)
View Item |