Identifikasi objek garis dan warna pada hasil gambar pemandangan anak kelas II SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Asrothul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi objek garis dan warna pada hasil gambar pemandangan anak kelas II SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Asrothul Mahmudah

Mahmudah, Putri Asrothul (2015) Identifikasi objek garis dan warna pada hasil gambar pemandangan anak kelas II SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Asrothul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudah Putri A. 2015. Identifikasi Objek Garis dan Warna Pada Hasil Gambar Pemandangan Anak Kelas II SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. pembimbing (I) Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Fenny Rochbeind S.Pd M.Sn Kata Kunci Kecenderungan Gambar Anak Gambar Pemandangan SD Laboratorium UM. Gambar anak merupakan ungkapan emosi dan perasaan melalui kegiatan menggambar atau melukis. Anak melakukan aktivitas menggambar mengikuti emosi perasaan yang bersifat individual bebas ekspresif dan spontan.Dengan mewujudkan kesan keindahan goresan bentuk (objek) warna dan kesan lainnya. Namun demikian di SD Laboratorium UM anak diajarkan untuk mengikuti semua contoh gambar yang terdapat dibuku panduan dalam menggambar hal tersebut dapat menghambat imajinasi anak. Sehingga pada saat menggambar anak terbiasa menjiplak dan mencontoh. Perlu dilakukan penelitian terhadap objek garis dan warna pada hasil gambar pemandangan anak. Penelitian terhadap gambar pemandangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan objek garis dan warna pada hasil gambar pemandangan di kelas II A dan B ICP SD Laboratorium UM yang berjumlah 64 anak di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh melalui pengamatan.Prosedur pengumpulan data meliputi pengamatan dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah hasil gambar anak.Analisis yang dilakukan melalui reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan temuan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi teori. Tahap penelitian yang dilakukan adalah persiapan penyusunan rancangan penelitian pelaksanaan penelitian analisis data penyusunan laporan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kecenderungan objek utama adalah gunung. Objek pelengkapadalah objek matahari dan awan.Kedua kecenderungan garis yang digunakan dalam gambar pemandangan adalah garis semu ditunjukkan dari hasil visual gambar dimana semua objek menggunakan garis untuk batas objek. Garis yang ada pada objek gambar merupakan batas antara objek satu dengan lainnya kemudian dipertegas dengan garis linier. Ketiga kecenderungan warna yang digunakan adalah warna biru untuk objek utama warna hijau dan kuning untuk objek pelengkap. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu adanya variasi dan motivasi dalam mengajarkan menggambar kepada anak. Tidak hanya terbatas di buku panduan yang dibagikan dikelas guru juga perlu memberi bimbingan lebih terhadap anak untuk menambah keberagaman objek garis dan warna dalam gambar pemandangan anak. Peneliti mendapat pengalaman dan wawasan lebih mendalam tentang gambar anak.Disarankan pula kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian terhadap gambar anakSekolah Dasar dengan tema dan objek yang berbeda di mana tempat penelitian dilakukan di sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item