Penerapan prinsip team building untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya materi ragam hias pada kayu kelas VII A di SMP Negeri 9 Malang / Baiq Nining Khaerunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip team building untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya materi ragam hias pada kayu kelas VII A di SMP Negeri 9 Malang / Baiq Nining Khaerunnisa

Khaerunnisa, Baiq Nining (2015) Penerapan prinsip team building untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya materi ragam hias pada kayu kelas VII A di SMP Negeri 9 Malang / Baiq Nining Khaerunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khaerunnisa BaiqNining. 2015. PenerapanPrinsipTeam BuildingUntukMeningkatkanAktivitasBelajarPesertaDidikDalamMatapelajaranSeniBudayaMateriRagamHiaspadaKayuKelas VII A Di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi JurusanSeni Dan Desain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (II) Fenny Rochbeind S.PdM.Sn. Kata Kunci PrinsipTeam Building Aktivitas Belajar SeniBudaya RagamHiaspadaKayu. BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranSeniBudayabidangstudiSeniRupamateriRagamHiaspadaKayukelas VII A SMP Negeri 9 Malang diketahuibahwaaktivitas belajarpesertadidikmasihrendah. Hal inidilihatdarikurangnyainteraksi komunikasidankepeduliansaatdiadakannyakegiatankelompok sehinggahasilbelajardenganberkelompokmasihkurangmemuaskan. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpeningkatanaktivitas belajarpesertadidikkelas VII A SMP Negeri 9 Malang melaluipenerapanprinsipTeam Building. Penelitian yang digunakanadalah PTK (penelitiantindakankelas) denganjumlah 32 pesertadidik.Pelaksanaandilakukandalam 2 siklusyaituSiklus I danSiklus II.Prosedurpenelitianmeliputi 4 tahapyaitu (1 )perencanaan (2) tindakan(3) pengamatan(4) refleksi.Untukmengukuraktivitas belajar pesertadidikdenganmenggunakanbeberapainstrumen (1) lembarobservasiaktivitaspesertadidik (2) lembarobservasiaktivitaskelompok (3) lembarpedomanwawancara(4) lembarhasiltugaskelompok. HasilPenelitianmenunjukkanpadasiklus I (1) persentaseaktivitaspesertadidikmencapai 92% baik (2) persentaseaktivitaskelompokmencapai 86 67% cukupbaik (3) persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapai SKM 5 kelompokmencapai 62 5% sangatbaikdan 3 kelompokmencapai 37 5% baik (4) hasilwawancaramenyatakan 6 dari 10 pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitas belajar yang baik.Padasiklus II (1) persentaseaktivitaspesertadidikmencapai 97% baik (2) persentaseaktivitaskelompokmencapai 95 56% baik (3) persentasepenilaianhasiltugaskelompoktelahmencapai SKM 7 kelompokmencapai 87 5% sangatbaikdan 1 kelompokmencapai 12 5% baik (4) hasilwawancaramenyatakan 9 dari 10 pesertadidikmenyatakanadanyaaktivitas belajar yang baik. Saran dalampenelitianiniadalah (1) bagi guru SeniBudayadapatmenjadikanprinsipTeam BuildinginisebagaisalahsatustrategipembelajarandalampembelajaranSeniBudaya (2) bagipesertadidik dapatlebihmeningkatkankerjasamadanprestasibelajarsecaramaksimal (3) bagimahasiswapendidikanSeniRupa dapatdigunakansebagaibahanmasukanuntukPenelitianTindakanKelastentangpemilihanstrategipembelajaran (4) bagiUniversitasNegeri Malang digunakansebagaibahanreferensitentangPenelitianTindakanKelaspadamatapelajaranSeniBudaya (5) bagipenelitilain diharapkanuntukmelakukanpenelitianlanjutanterhadappeningkatankualitasbelajardengantemuan lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item