Pengembangan media pembelajaran tentang menggambar ragam hias berdasarkan pendekatan saintifik berbasis adobe flash CS5 di SMPN 18 Malang / Ucik Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran tentang menggambar ragam hias berdasarkan pendekatan saintifik berbasis adobe flash CS5 di SMPN 18 Malang / Ucik Nur Hidayati

Hidayati, Ucik Nur (2015) Pengembangan media pembelajaran tentang menggambar ragam hias berdasarkan pendekatan saintifik berbasis adobe flash CS5 di SMPN 18 Malang / Ucik Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Ucik Nur. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran tentang Menggambar Ragam Hias Berdasarkan Pendekatan Saintifik Berbasis Adobe Flash CS5 Untuk Siswa SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Purwatiningsih M.Pd (2) Drs. AAG Arimbawa M.Sn. Kata Kunci Media Pembelajaran Saintifik Adobe Flash CS5. Pada Kurikulum 2013 penerapan pembelajarannya lebih mengutamakan pada teknologi. Dalam pembelajaran faktor yang sangat mempengaruhi yaitu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah khususnya model dan media yang digunakan dan diterapkan oleh guru. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mengatasi permasalahan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran multimedia berbasis Adobe Flash CS5 merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran dan diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mendalami pelajaran tersebut. Penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 dikemas dalam bentuk CD interaktif juga diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia berbasis Adobe Flash CS5 kelas VII di SMPN 18 Malang.Selain itu penelitian dan pengembangan ini juga ditujukan untuk menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan. Media pembelajaran yang dikemas dengan menarik ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran seni budaya di SMPN 18 Malang. Model pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall yang terdiri dari analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk validasi ahli revisi I uji coba lapangan terbatas revisi II dan produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa saran tanggapan dan kritik dari validator yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi dengan skala penilaian berdasarkan skala Likert. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi ahli media yaitu Bapak Joko Samudra S.Kom diperoleh presentase sebesar 97 08%% ahli materi oleh Ibu Ike Ratnawati diperoleh presentase sebesar 89 58% uji coba pengguna guru yaitu Bapak Wiwit Handoyo diperoleh presentase 92 96% uji coba pengguna sebanyak 15 siswa di SMPN 18 Malang diperoleh presentase sebesar 88 90% dan secara keseluruhan dari perhitungan diperoleh sebesar 92 13%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi menggambar ragam hias di SMPN 18 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item