Pengembangan media pembelajaran seni budaya berbasis adobe flash tentang penerapan ragam hias pada cangkang untuk kelas VII SMP / Ach. Riyan Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran seni budaya berbasis adobe flash tentang penerapan ragam hias pada cangkang untuk kelas VII SMP / Ach. Riyan Hidayat

Hidayat, Ach. Riyan (2015) Pengembangan media pembelajaran seni budaya berbasis adobe flash tentang penerapan ragam hias pada cangkang untuk kelas VII SMP / Ach. Riyan Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyan Hidayat Ach. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Adobe Flash tentang Penerapan Ragam Hias pada Cangkang Telur untuk Kelas VII SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas SastraUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Iriaji M.Pd (II)Andy Pramono S.Kom MT. Kata kunci Media Pembelajaran Ragam Hias Cangkang Telur Peserta didik SMP dinilai kurang berminat terhadap pembelajaran ragam hias salah satunya di SMP Negeri 18 Malang. Media Pembelajaran yang interaktif dan menarik akan merangsang motivasi peserta didik dalam pembelajaran yang akan berdampak pada kualitas pembelajaran dan hasil belajar.Tujuan penilitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaranberbasis adobe flashbernuansa animasi Jepang yang komunikatif interaktif menarik dan menantang tentang penerapan ragam hias pada cangkang telur untuk kelas VII SMP serta menguji kevalidan produk secara konseptual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model prosedural yang memodifikasi dari model pengembangan Sugiyono dan Sutopo dengan tahapan (1) latar belakang (2) pengumpulan data (3) analisis data (4) pengembangan prototype yang meliputi konsep desain pengumpulan bahan pembuatan pengujian distribusi (5) validasi (6) revisi (7) uji coba dan (8) revisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa persentase deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Uji validasi ahli media sebesar 90% bagian yang direvisi adalah penggunaan layout dan ilustrasi lebih disesuaikan dengan materi serta ukuran font diperbesar pada bagian video (2) validasi ahli materi 80% bagian yang direvisi adalah KD dan penggunaan bahasa lebih disesuaikan dengan pembahasan (3) uji coba pengguna memiliki kriteria sangat baik tanpa adanya revisi dan (4) uji coba pemakaian kelompok kecil 80% dilakukan revisi pada ukuran font yang diperesar serta mengganti audio yang mengganggu. Secara keseluruhan persentase dari uji coba sebesar 84 8% yang berarti produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah sebagai berikut (1) sebaiknya mengembangakan media digital yang berbasis 3D (2) sebaiknya mencari bahan pustaka dan konsultasi dengan pakar yang ahli di bidang media dan ragam hias. (3) Bagi pihak sekolah sebaiknya mengintegrasikan multimedia pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item