Model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah di Provinsi Jawa Timur - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah di Provinsi Jawa Timur

Saryono, Djoko (2017) Model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah di Provinsi Jawa Timur. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1 (1). pp. 137-148. ISSN 2655-8769

Full text not available from this repository.

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sudah memiliki komitmen untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal. Pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dapat diperankan atau Artikel ini memfokuskan pada model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal yang sudah dikembangkan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur; menemukan gambaran mengenai faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sedang dikembangkan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur; memperoleh gambaran mengenai strategi implementasi model pendidi- kan karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur; dan; memperoleh gambaran mengenai rekomendasi ihwal strategi pengembangan model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bercampur atau ber- kombinasi dengan pendekatan kuantitatif (mixing methods). Hasil penelitian mengacu pada model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dan diimplementasikan secara berke- sinambungan dan berkelanjutan di sekolah di Provinsi Jawa Timur telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan keunggulan sekolah baik dari sisi intelektualitas maupun karakter peserta didik. Sejumlah faktor internal dan eksternal sekolah yang ikut mempengaruhi keberhasilan implementasi model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah di Provinsi Jawa Timur. Pada umumnya model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lo- kal di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Timur diimplementasikan dengan menggunakan dua strategi pokok. Model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah-seko- lah di Provinsi Jawa Timur harus terus dikembangkan secara berkesinam- bungan dan berkelanjutan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS
Depositing User: djoko saryono
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:37
Last Modified: 14 Jun 2023 06:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item