Kerusakan hutan alam sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis gaya pribadi / Ervina Anjar Ningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Kerusakan hutan alam sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis gaya pribadi / Ervina Anjar Ningtias

Ningtias, Ervina Anjar (2015) Kerusakan hutan alam sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis gaya pribadi / Ervina Anjar Ningtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningtias Ervina Anjar. 2015. Kerusakan Hutan Alam Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Gaya Pribadi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd (II) Dr. Andi Harisman. Kata Kunci Hutan Kerusakan Hutan Karya Seni Lukis Hutan alam merupakan paru-paru bagi bumi. Indonesia dikaruniai hutan tropis yang paling luas. Masyarakat indonesia mengandalkan hidupnya dari hutan dengan mengambil dan menebang kayu. Lambat laun masyarakat semakin gencar menebang pohon tanpa memikirkan akibatnya. Hutan menjadi rusak tanah menjadi longsor bumi semakin panas dan lapisan ozon menipis. Dalam penciptaan karya seni pada dasarnya ada pengaruh secara nyata terhadap seniman untuk arah aliran pada karyanya. Mengambil dari salah satu aliran seni lukis yang sudah ada untuk penerapanya. Proses penciptaan karya seni lukis gaya pribadi berawal dari menerapkan konsep ide dan gagasan dalam skets. Mengambil karakter pohon pada kerusakan hutan alam sebagai objek utama dalam menerapkan inspirasi. Dalam menentukan penerapan karakter berkarya harus disertai oleh pemilihan alat dan bahan untuk menerapkan ke media kanvas. Dengan menerapkan tehnik blok dan sapuan dalam memberikan warna dan objek. Tahapan akhir memberikan sebuah finishing pada karya. Ide dan tema pada karya pencipta adalah kerusakan hutan alam yang divisualisasikan dengan simbol pohon yang rusak. Pada karakteristik karya yaitu menggunakan garis lengkung. Pada warnanya pencipta menggunakan warna yang cerah. Sedangkan pada tekniknya pencipta menggunakan 3 teknik yaitu teknik blok teknik arsir dan teknik detail. Penciptaan karya ini di mulai dari membuat sketsa pada kertas. Sketsa berguna agar tidak mengalami kesulitan saat berkarya. Sketsa ini menggunakan pensil diatas kertas. Kemudian pada proses visualisasi atau proses melukis penulis membaginya dalam 3 tahapan yaitu penyiapan latar belakang pada kanvass dengan teknik blok. Kedua menggambarkan objek utama pada kanvas dan yang ketiga proses finishing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item