Pengembangan media pembelajaran interaktif penerapan ragam hias pada bahan tekstil berbasis Adobe Flash untuk SMP Negeri 02 Malang kelas VII / Briliana Kurnia Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif penerapan ragam hias pada bahan tekstil berbasis Adobe Flash untuk SMP Negeri 02 Malang kelas VII / Briliana Kurnia Rizki

Rizki, Briliana Kurnia (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif penerapan ragam hias pada bahan tekstil berbasis Adobe Flash untuk SMP Negeri 02 Malang kelas VII / Briliana Kurnia Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizki Briliana Kurnia. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil Berbasis Adobe Flash Untuk SMP Negeri 02 Malang Kelas VII.Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dra Hj. Purwatiningsih M.Pd. (II) Drs. AAG Rai Arimbawa M.Sn. Kata Kunci Pengembangan Media Interaktif Ragam Hias Adobe Flash Suatu pembelajaran akan berjalan dengan efektif bila guru memiliki kualitas mengajar yang baik serta memilki kemampuan yang sesuai di bidangnya. Namun bukan berarti seorang guru yang tidak memiliki kemampuan yang sesuai tidak diperbolehkan untuk mengajar. Hanya saja pembelajaran tersebut akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Untuk mengimbangi hal tersebut maka perlu adanya variasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal tersebutlah yang ditemukan pada SMP Negeri 02 Malang. Guru Seni Budaya kelas VII SMP Negeri 02 malang merupakan lulusan Seni Tari. Selain itu ditemukan siswa yang kurang paham dengan materi Ragam hias yang berada di kelas VII. Hal tersebut yang diangkat dalam penelitian dan pengembangan ini sehingga peneliti tergerak untuk membuat sebuah pengembangan berupa media interaktif untuk membantu jalannya proses pembelajaran.Penelitiandan pengembangan inidilaksanakandengantujuanuntukmembantu siswa belajar secara mandiri dan menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran Seni Rupa. Penelitiandan pengembangan inimengadopsimodel pengembangan milik Sugiyono.Tahap yang dilakukan dikelompokkan menjadi lima bagian yaitu tahap persiapan tahap pengembangan tahap validasi tahap penyempurnaan produk dan tahap uji coba produk. Metode yang digunakanuntukmenjaring data adalahmetodeobservasidankuisioner.Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah dua orang ahli media yaitu bapak Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T. dan bapak Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn. dua orang ahli materi yaitu ibu Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd. dan ibu Ike Ratnawati S.Pd M.Pd dan dua puluhsiswa kelas VII SMP Negeri 02 Malang. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa media interaktif yang dikemas dalam bentuk CD. Produk yang dihasilkan berisi tentang materi ragam hias teknik penerapan ragam hias pada tekstil video dan games yang telah disesuaikan dengan isi materi dalam media. Data yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif deskriptif. Persentase kevalidan yang diperoleh dari ahli media sebesar 86 25% dari ahli materi sebesar 88 3% dan dari kelompok kecil sebesar 95 9%. Dengan persentase yang telah diperoleh tersebut produk penelitian dan pengembangan berupa media interaktif ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Pengembangan media interaktif yang dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dan sumber inspirasi dalam mengembangkan media yang lebih baik. Disarankan produk ini dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan media penerapan ragam hias pada bahan tekstil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12833

Actions (login required)

View Item View Item