Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran menggambar dan mewarna di PAUD Nawa Kartika 4 Trenggalek / Dewy Yuhsinu Adna

Adna, Dewy Yuhsinu (2015) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran menggambar dan mewarna di PAUD Nawa Kartika 4 Trenggalek / Dewy Yuhsinu Adna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adna, Dewy Yuhsinu. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru DalamPembelajaran MenggambardanMewarnaDi PAUD Nawa Kartika 4 Trenggalek.Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani, M.Pd., (II) Ike Ratnawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci:Kompetensi pedagogik,menggambar danmewarna, PAUD Trenggalek Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan untuk membentuk penyelenggaraan pendidikan yang terarah pada perkembangan dan pertumbuhan anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh kinerja guru dalam lingkup suatu lembaga dan kompetensi pembelajarannya. Salah satu kompetensi pembelajaran anak yaitu kompetensi pedagogik. Dalam penelitian ini diarahkan kepada pendidik yaitu guru, bahwasanya guru yang mengajar di PAUD Nawa Kartika 4 Trenggalek mampumengaktualisasikan potensi peserta didik melalui pembelajaran menggambar dan mewarna. Bardasarkanhaltersebutpenelitiinginmengungkapkanbagaimanakompetensipedagogik guru dalampembelajaranmenggambardanmewarna di sekolahtersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pembelajaran menggambar dan mewarna; (2) kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran menggambar dan mewarna;dan(3) kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran menggambar danmewarna. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganmenggunakanwawancara, observasidandokumentasidalam proses pengumpulan data. Respondendalampenelitianiniadalah guru PAUD NawaKartika 4 Trenggalekpadakompetensipedagogikdalampembelajaranmenggambardanmewarna, untukpengecekankeabsahan data di lakukandengantrianggulasi.Sedangkan proses analisis data yang dapatpenelitilaksanakanyaitudengan(1) reduksi data, dengan cara merangkum data sertamemilah-milah data yang diperoleh; (2) penyajian data, dengan pengujian data; (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkandarihasilanalisis data dapatdidiskripsikanbahwa (1) kompetensipedagogik guru dalammerencanakanpembelajaran yang meliputi, kompetensidasar, pembelajaranseniuntukanak PAUD, metodepembelajaran,dan media pembelajaran (2) kompetensi guru dalammelaksanakanpembelajaranmenggambardanmewarnayaitudenganmelihatketrampilandasarmengajar guru berdasarkankurikulum yang di gunakan (3) kompetensipedagogikdalamevaluasi yang dilakukandalampembelajaranmenggambardanmewarna, guru menerapkan penilaian berupa penilaian hasil karya, penilaian unjuk kerja,danpenilaian penugasan atau projek,untukmengetahui perkembangan yang telah di capai oleh peserta didik. Serta disarankanjuga agar kepalasekolahmampumemotifasiuntukmeningkatkantanggungjawab guru sebagaimanadalammerencanakan, melaksanakandanmengadakanevaluasidalampembelajaranmenggambardanmewarnasesuaidengantujuan yang hendakdicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item