Membaca "green programme" dan "for earth" karya lukis Djoeari Soebardja / Deny Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Membaca "green programme" dan "for earth" karya lukis Djoeari Soebardja / Deny Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Deny (2015) Membaca "green programme" dan "for earth" karya lukis Djoeari Soebardja / Deny Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningtyas Deny. 2015. Membaca Green Programme Dan For Earth Karya Lukis Djoeari Soebardja. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati M.Pd (II) Fenny Rochbeind S.Pd M.Sn. Kata Kunci Green Programme dan For Earth Karya Lukis Djoeari Soebardja. Di dalam penelitian ini memaparkan kritik terhadap karya lukis Djoeari Soebardja pada tahun 2010 yang berjudul Green Programme dan For Earth . Pada karya lukis ini divisualkan dengan perbedaan karakter dalam pemilihan bentuk warna dan susunan. Hal tersebut memiliki daya tarik untuk mendalami kandungan nilai-nilai di dalamnya. Jika dikaji dari proses pembelajaran seni rupa dapat mengetahui karakter dan perwujudan dari karya seni lukis Djoeari Soebardja yang satu dengan yang lainnya serta dapat mendeskripsikan nilai nilai dari karya seni lukis tersebut. Sedangkan jika dikaji dari segi pendidikan seni rupa maka penelitian ini penting karena suatu kritik seni pada dasarnya memiliki fungsi dan tujuan. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalam visual karya Djoeari Soebardja. Agar penikmat seni dapat memahami segala yang ada dalam suatu karya seni sehingga ditemukan suatu kepuasan dalam menikmati karya seni tersebut kemudian dapat berbagi ke orang lain tentang segala yang telah dimengerti tersebut. Dengan mencakup deskripsi analisis formal interpretasi dan sintesa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan kritik holistik. Sumber data diperoleh dari wawancara observasi dan analisa dokumen. Data dari penelitian ini berupa paparan hasil observasi terhadap wujud visual karya lukis. Kegiatan analisis data dilakukan dengan pendeskripsian kemudian analisa formal interpretasi dan sintesa. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa setiap karya lukis Djoeari Soebardja memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yaitu nilai sosial dan budaya. Nilai-nilai ini dapat dilihat dari visualisasi dan perwujudan objek-objek serta warna yang digunakan pada karya-karyanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan refleksi oleh seniman terhadap karya lukisnya. Bagi mahasiswa Seni Dan Desain Universitas Negeri Malang dapat menjadikan sebagai motivasi dan edukasi atas pentingnya mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan serta diharapkan adanya penelitian lebih lanjut terhadap karya lukis Djoeari Soebardja yang lainnya. Bagi Lembaga Perguruan Tinggi Negeri diharapkan dapat mendukung segala bentuk kegiatan ilmiah yang dilakukan mahasiswa yang berupa penciptaan dan penghayatan tentang seni serta mengkajinya lebih lanjut secara ilmiah demi peningkatan mutu akademis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item