Pengembangan aplikasi android berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP / Galuh Mahardhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi android berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP / Galuh Mahardhika

Mahardhika, Galuh (2015) Pengembangan aplikasi android berbasis powerpoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP / Galuh Mahardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahardhika Galuh. 2014. Pengembangan Aplikasi Android Berbasis PowerPoint sebagai Media Pembelajaan Menggambar Bentuk bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran aplikasi Android Android PowerPoint menggambar bentuk siswa SMP Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran perasaan perhatian dan minat pebelajar yang menjurus kearah terjadinya proses belajar. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi maka media pembelajaran Seni Budaya diharapkan mengalami pengembangan ke arah yang lebih inovatif. Salah satu program komputer yang cukup populer digunakan untuk merancang media pembelajaran oleh guru adalah program Microsoft Office PowerPoint. Di sisi lain penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran memiliki banyak kekurangan. Alternatif solusi untuk megurangi dampak kelemahan PowerPoint adalah memaksimalkan handphone sebagai media pengoperasiannya. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa aplikasi Android berbasis PowerPoint yang menarik interaktif inovatif efektif dan fleksibel sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Five-D (5D) yang dikembangkan oleh Moeljadi Pranata. Model five-D terdiri dari Define Data Design Develop dan Disseminate. Di mana produk akan divalidasi kepada ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada subjek uji coba. Instrumen validasi dan penilaian siswa menggunakan kuesioner tertutup. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif dalam memproses dan menghasil-kan data yang valid dalam penelitian dan pengembangan ini. Penelitian pengembangan aplikasi Android berbasis PowerPoint sebagai media pembelajaran menggambar bentuk bagi siswa SMP ini telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan persentase 88 4% untuk validitas media dan 84 4% untuk validitas materi. Perolehan skor tersebut menunjukkan aplikasi Android berbasis PowerPoint sebagai media pembelajaran ini termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Didukung dengan skor perolehan uji coba pada siswa dengan persentase 92 42% menunjuk-kan bahwa media ini mampu menarik minat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12815

Actions (login required)

View Item View Item