Perbedaan penerapan metode mebcontoh dan metode ekspresi terikat kreativitas menggambar siswa ekstrakurikuler menggambar SD Muhammadiyah 08 Dau Malang / Ainun Lathifah Nur Epriliana Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan metode mebcontoh dan metode ekspresi terikat kreativitas menggambar siswa ekstrakurikuler menggambar SD Muhammadiyah 08 Dau Malang / Ainun Lathifah Nur Epriliana Safitri

Safitri, Ainun Lathifah Nur Epriliana (2014) Perbedaan penerapan metode mebcontoh dan metode ekspresi terikat kreativitas menggambar siswa ekstrakurikuler menggambar SD Muhammadiyah 08 Dau Malang / Ainun Lathifah Nur Epriliana Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safitri Ainun Lathifah Nur Epriliana. 2014. Perbedaan Antara Metode Mencontoh dan Metode Ekspresi Terikat Terhadap Kreativitas Menggambar Siswa Ekstrakurikuler Menggambar SD Muhammadiyah 08 Dau. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Iriaji M.Pd (2) Fenny Rochbeind S.Pd M.Sn Kata Kunci Metode Mencontoh Ekspresi Terikat Kretivitas Menggambar Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi salah satu sarana yang penting bagi siswa dalam mengembangkan kreativitasnya. Dalam rangka mengembangkan kreativitas guru ekstrakurikuler menggambar di SD Muhammadiyah 08 Dau mencoba menggunakan metode mencontoh dan metode ekspresi terikat untuk meningkatkan kreativitas siswa. Metode mencontoh adalah suatu kegiatan siswa menggambar dengan mencontoh gambar yang dicontohkan oleh guru. Metode ekspresi terikat adalah suatu kegiatan siswa menggambar dengan bebas akan tetapi tetap diberikan arahan oleh seorang guru baik dari segi teknik tema dan lain sebagainya.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan kreativitas menggambar siswa mengetahui hubungan dan perbedaan antara me-tode yang diterapkan guru yaitu melalui metode mencontoh dan metode ekspresi terikat terhadap kreativitas siswa ekstrakurikuler menggambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif pra- eksperimen. Sedangkan untuk pengumpulan datanya melalui instrumen dari lembar penilaian dari hasil gambar siswa melalui kedua metode tersebut. Subyek penelitian sebanyak 19 siswa dari kelas rendah yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menggambar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil gambar siswa dan teknik analisis datamenggunakan analisis rating scale dan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil penelitian dapat diketahui melalui penilaian pada hasil gambar siswa.Hasil yang diperoleh ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama siswa ekstrakurikuler menggambar di SD Muhammadiyah 08 Dau memiliki nilai kreativitas yang cukup tinggi dengan metode mencontoh dengan taraf kreativitas sebesar 50% dan memiliki nilai kreativitas yang tinggi dengan metode ekspresi terikat dengan taraf kreativitas 64%. Metode mencontoh dan metode ekspresi terikat memiliki perbedaan 14% dalam hal kreativitas menggambar siswa. Kedua metode mencontoh dan metode ekspresi terikat memiliki hubungan yang sangat rendah dengan interpretasi korelasi sebesar 0 169. Ketiga metode mencontoh dan metode ekspresi terikat memiliki perbedaan dengan diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3 941 1 729. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar 1) pihak sekolah bekerja sama dengan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan meningkatkan juga profesionalisme guru tentang metode mengajar 2)mahasiswa lain yang akan melakukan penelitian sejenis bahkan bisa dilanjutkan dengan meneliti metode-metode lain yang kerap digunakan oleh guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item