Pemanfaatan musik instrumentalia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melukis kelas IX-D di SMPN 1 Ngantang tahun ajaran 2013/2014 / Erlina Mardiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan musik instrumentalia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melukis kelas IX-D di SMPN 1 Ngantang tahun ajaran 2013/2014 / Erlina Mardiningsih

Mardiningsih, Erlina (2014) Pemanfaatan musik instrumentalia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melukis kelas IX-D di SMPN 1 Ngantang tahun ajaran 2013/2014 / Erlina Mardiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardiningsih Erlina.2014.Pemanfaatan Musik Instrumentalia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MateriMelukis KelasIX-D DiSMPN 1 Ngantang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra. Hj Purwatiningsih M.Pd (2) Drs.Triyono Widodo M.sn Kata kunci Pemanfaatan Musik Instrumentalia Melukis Hasil Belajar Musik merupakan salah satu hal yang dapat digunakan sebagai upaya memfokuskan konsentrasi siswa. Musik instrumentalia merupakan bagian kecil yang diupayakan dapat mempengaruhihasil belajar siswa. Pemanfaatan musik instrumentalia ini dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung. Berkaitan dengan itu maka diperlukan PTK untuk meneliti pengaruhnya.Penelitian tindakan kelas ini merupakan upaya yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat siswa dengan memperdengarkan musikInstrumentalia. Hal tersebut dilakukan karena situasi lingkungan belajar yang kurang kondusif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahapan studi pendahuluan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Sumber datanya adalah siswa siswi kelas IX-D SMP Negeri 1 Ngantang. Subyek penelitiannya diambil dari 31 siswa kelas IX-D. Pengumpulan data yang digunakan adalah metodet observasi catatan lapangan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pengkajian data menghitung dan memprosentasikan data kemudian menarik kesimpulan apabila ada kelemahan maka kelemahan itulah yang diatasi pada siklus berikutnya sehingga akan mendekati kesempurnaan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian tindakan kelas sebagai masalah sulitnya berkonsentrasi saat pembelajaran melukis dapat terpecahkan dengan adanya pemanfaatan musik instrumentalia.Hasil belajar dapat maksimal karena kondisi dan situasi yang nyaman sekaligus menyenangkansaat berkarya Ketuntasan nilai belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan ( mencapai KKM 75) sebesar 61% dengan rincian siswa yang sudah tuntas 19 siswa sedangkan yang belum tuntas 12 siswa ke siklus II ada peningkatan menjadi 90% dengan rincian 28 siswa tuntas dan hanya 3 siswa yang belum tuntas Disarankan kepada guru seni budaya khususnya guru seni budaya di SMP Negeri 1Ngantang agar menerapkan pemanfaatan musik instrumentalia untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Melalui penelitian tersebut diharapkan dapat memperkaya wawasan para guru dalam mengatasi permasalahan-permasalah dalam pembelajaran melukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item