Penerapan model pembelajaran kooporatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah siswa kelas X BKP 2 di SMKN 1 Singosari / Mafatih Elid - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooporatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah siswa kelas X BKP 2 di SMKN 1 Singosari / Mafatih Elid

Elid, Mafatih (2019) Penerapan model pembelajaran kooporatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah siswa kelas X BKP 2 di SMKN 1 Singosari / Mafatih Elid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Elid Mafatih. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooporatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Kontruksi dan Teknik pengkuran Tanah Siswa Kelas X BKP2 di SMKN1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Dr. H. Tri Kuncoro M.Pd Kata Kunci penerapan metode jigsaw motivasi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi saat melaksanakan KPL (Kajian Praktik Lapangan) gelombang 2 semester gasal tahun 2017/2018 di SMKN 1 Singosari. Terdapat rata-rata hasil belajar siswa BKP 2 pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi dan teknik pengukuran tanah adalah 70 50 dengan ketuntasan KKM sebesar 54% siswa. Sementara 46% siswa yang memperoleh di bawah KKM yang ditentukan yaitu 75. Peneliti juga mendapati kondisi beberapa siswa yang kurang aktif dan bermain sendiri dalam proses pembelajaran itu bisa jadi disebabkan cara mengajar guru kurang tepat sehingga ada bebarapa siswa yang kurang merespon apa yang di sampaikan guru. Metode pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk menumbuhkan rasa semangat peserta didik dalam belajar sehingga peneliti memilih pembelajaran metode jigsaw untuk diterapkan. Pemilihan pembelajaran metode jigsaw tersebut dikarenakan rendahnya antusias proses pembelajaran siswa kelas X BKP2 SMKN 1 Singosari. Hal ini bertujuan agar kelas yang tadinya pasif menjadi lebih aktif dan tidak bosan. Pembelajaran kooporatif tipe jigsaw adalah pembelajaran berkelompok yang menekankan pada penguasaan materi yang tidak untuk dirinya sendiri tapi bertanggung jawab untuk menyampaikan kepada siswa yang lain agar semuanya bisa memahami. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode jigsaw yang baik yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. Rancangan ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setelah pra siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif data kualitatif didapat dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa sedangkan data kuantitatif didapat dari hasil tes belajar siswa (post test) Hasil penelitian menunjukan penerapan metode jigsaw yang baik adalah adanya penambahan penerapan pembelajaran yaitu untuk pembentukan kelompok asal ditentukan sendiri oleh siswanya. Penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor motivasi tahap awal adalah 71 54% untuk siklus I diperoleh 76 73% dan meningkat pada siklus II diperoleh hasil 81 06. Penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor hasil belajar tahap awal sebesar 62 15 untuk siklus I diperoleh 71 31 dan meningkat pada siklus II diperoleh hasil 76 61.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128032

Actions (login required)

View Item View Item