Pengaruh Lingkungan belajar dan pola belajar terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di jurusan teknik sipil Universitas Negeri Malang / Hadisetyo Rizki Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Lingkungan belajar dan pola belajar terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di jurusan teknik sipil Universitas Negeri Malang / Hadisetyo Rizki Putra

Putra, Hadisetyo Rizki (2020) Pengaruh Lingkungan belajar dan pola belajar terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di jurusan teknik sipil Universitas Negeri Malang / Hadisetyo Rizki Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra HadisetyoRizki2019.PengaruhLingkunganBelajardanPolaBelajarTerhadapMotivasiMahasiswadalamMenyelesaikanSkripsi di JurusanTeknikSipilUniversitasNegeri Malang.Skripsi Program StudiPendidikanTeknikBangunan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd dan (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci pengaruh lingkunganbelajar polabelajar danmotivasimahasiswa Untukmewujudkanpenerusbangsa yang memilikikualitasperguruantinggimemilikiperan yang cukuppenting.UniversitasNegeri Malang (UM) adalahsalahsatucontohlembagapendidikantinggi yang memilikitujuanpendidikannasionaltersebut.Namundalampelaksanaannya indikatorpencapaianvisi UM padaaspekilmukependidikanmasihmengalamipermasalahan. Hal inidikarenakanmasihbanyaknyamahasiswa UM yang mengalamikesulitandalammenyelesaikanskripsitepatwaktu.Banyakfaktor yang mempengaruhiketerlambataninidiantaranyalingkunganbelajar polabelajar danmotivasimahasiswa. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif.Populasidansampelpenelitianiniadalahmahasiswa S1 PendidikanTeknikBangunantahun 2014 yang berjumlah 90 mahasiswa .Instrumenpengumpulan data penelitianmenggunakanangket yang disebarkanolehpeneliti.Data penelitianinidigunakanuntukmengetahuipengaruhlingkunganbelajardanpolabelajarterhadapmotivasimahasiswadalammenyelesaikanskripsi. Dari hasilujivaliditas didapatkannilai 35 butirsoal valid dan 10 butirsoaltidak valid. Makadariitupenelitiberencanaakanmengambil 35 butirsoal yang dibagimenjadi 15 soallingkunganbelajar 10 soalpolabelajar dan 10 soalmotivasimahasiswa. Kemudiandianalisismenggunakananalisisdeskriptifpresentase danselanjutnyadiujihipotesisdenganMultiple RegressionmenggunakanSoftware SPSS 23. Dari hasilanalisis data dapatditarikkesimpulanbahwalingkunganbelajardanpolabelajarmemilikipengaruhterhadapmotivasimahasiswadalammenyelesaikanskripsidiperolehnilaisignifikan0 000 945 0 050.Makadapatdisimpulkanbahwa H0ditolakdan Ha diterima yang berarti Adanyapengaruhdarilingkunganbelajardanpolabelajarterhadapmotivasimahasiswamenyelesaikanskripsi di jurusan S1 PendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/128005

Actions (login required)

View Item View Item