Peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif mata pelajarab seni budaya siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Gema Artistika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif mata pelajarab seni budaya siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Gema Artistika

Artistika, Gema (2014) Peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif mata pelajarab seni budaya siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang / Gema Artistika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artistika Gema. 2014. Peningkatan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Melalui Pendekatan Ekspresif-Kreatif Mata Pelajaran Seni Rupa Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardani M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata kunci hasil berkarya menggambar ilustrasi karikatur pendekatan ekspresif-kreatif SMP 12288 12288 12288 Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa di kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang siswa belum maksimal dalam menggambar ilustrasi terutama pada saat menyeket dan teknik mengarsir sehingga gambar yang dihasilkan kurang maksimal. Hal ini disebabkan siswa masih belum mengerti tentang teknik menggambar karikatur. Melalui pendekatan ekspresif- kreatif diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi khususnya gambar karikatur. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang dan (2) meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif yang dapat meningkatkan hasil produk siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan tindakan pada setiap siklus pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan studi pendahuluan perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Tindakan ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang saat ini menduduki semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 18 Malang dengan jumlah siswa 39 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket tes dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif menggunakan presentase (%). 12288 12288 12288 Peningkatan kemampuan berkarya siswa dalam menggambar ilustrasi dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran gambar ilustrasi melalui pendekatan ekspresif-kreatif diterapkan dengan pemberian tugas membuat gambar karikatur. Siswa ditunjukkan berbagai contoh-contoh gambar ilustrasi melalui media laptop dan LCD. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan 48 2% siswa aktif dalam KBM sedangkan 51 8% siswa yang tidak aktif dalam KBM. Hasil analisis siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa yaitu 58 7% siswa aktif dalam KBM sedangkan jumlah siswa tidak aktif dalam KBM menurun menjadi 41 3%. Hasil analisis data tes unjuk kerja siswa dalam menggambar ilustrasi pada siklus 1 menunjukkan 43% siswa memiliki hasil karya baik dan analisis data tes unjuk kerja pada siklus 2 menunjukkan peningkatan hasil karya siswa yaitu 82% siswa yang memiliki karya yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menggambar ilustrasi siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Malang dapat ditingkatkan melalui pendekatan ekspresif-kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12800

Actions (login required)

View Item View Item