Penciptaan karya lukis dengan tema permainan tradisional anak di Jawa Timur / Novrida Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan karya lukis dengan tema permainan tradisional anak di Jawa Timur / Novrida Pratiwi

Pratiwi, Novrida (2014) Penciptaan karya lukis dengan tema permainan tradisional anak di Jawa Timur / Novrida Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Novrida. 2014. Penciptaan Karya Lukis dengan Tema Permainan Tadisional Anak di Jawa Timur. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Penciptaan karya lukis permainan tradisional anak Jawa Timur 12288 12288 12288 12288 Permainan tradisional anak merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang juga harus dilestarikan keberadaanya. Belakangan ini jarang dijumpai anak-anak yang bermain permainan tradisional. Mereka cenderung memilih permianan yang lebih modern seperti playstation PSP game boy game online dan lain-lain. Permainan tradisional memiliki banyak nilai positif yang dibutuhkan anak dalam perkembangan bersosialisasinya. Nilai positif dalam permainan tradisional ini antara lain dapat menumbuhkan rasa sosialitas loyalitas serta solidaritas jika dibandingkan dengan permainan modern. 12288 12288 12288 Tema yang dipilih dalam penciptaan karya lukis berwujud semi abstrak/representasional ini adalah permainan tradisional anak di Jawa Timur. Permainan tradsional di Jawa Timur yang dipilih dalam penciptaan karya lukis ini antara lain adalah ular naga petak umpet/jumpritan/dhelikan gobag sodor bekelan engklek dan congklak/dakon. Permainan tersebut dipilih karena merupakan pengalaman pribadi pencipta ketika masih anak-anak memainkan permainan tradisional tersebut bersama teman sebayanya. 12288 12288 12288 12288 Proses dalam penciptaan karya seni lukis semi abstrak/representasional ini berawal dari perancangan konsep yang didalamnya terdapat ide atau gagasan tema dan objek. Setelah itu menentukan karakteristik karya kemudian menentukan teknik serta alat dan bahan yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah proses visualisasi yaitu membuat sketsa diatas kertas untuk dipindahkan di atas kanvas. Kemudian proses pewarnaan dengan menggunakan teknik opaque dan teknik arsir. Langkah terakhir adalah melapisi karya dengan pelapis cat. 12288 12288 12288 12288 Pencipta menampilkan 6 karya seni lukis semi abstrak/representasional. Objek dalam lukisan ini adalah anak-anak dengan adegan sedang bermain permainan tradisional. Karakteristik pada karya lukis ini nantinya dapat dilihat melaui warna-warna cerah antara objek dan latar belakang pada tepi kanvas terdapat ornamen yang membentuk seperti pigora dan lain-lain. Hasil dari penciptaan karya lukis ini diharapkan dapat mengenalkan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat dan pengamat bahwa permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan keberadaanya sehingga tetap dapat diwariskan secara turun-temurun pada generasi penerus bangsa. Tidak hanya itu dalam karya ini diharapkan masyarakat dan pengamat dapat lebih bangga dan menghargai budaya bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item